Header Ads

Gerindra dan PKS Setuju Pembentukan Pansus Pemilu


BANTENPERSPEKTIF.COM, JAKARTA - Partai Gerindra dan PKS kembali menunjukan kekompakannya terkait pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Pemilu 2019 di parlemen DPR RI. Kedua fraksi ini akan menggalang Pansus Pemilu sebagai salah satu ahk parlemen.

Anggota Fraksi Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono seperti dilansir RMOL, menegaskan, pihaknya sangat setuju dengan pembentukan pansus karena masalah di pemilu 2019 kian banyak. Yakni masalah meninggalnya ratusan petugas penyelenggara dan adanya dugaan kecurangan pemilu.

"Kami dari Fraksi Gerindra setuju dengan kita segera membentuk Pansus Pemilu di mana sangat dibutuhkan. Kalau perlu adanya investigasi hal-hal seperti kecurangan dan kecelakaan yang terjadi di pemilu saat ini," tegasnya dalam rapat paripurna, Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (8/5).


Pelaksanaan Pemilu 2019 memang menjadi sorotan publik, selain dugaan kecurangan yang ramai disebar, banyaknya korban penyelenggara Pemilu 2019 juga menjadi alasan kedua partai tersebut untuk mempertanyakan kinerja KPU secara konstitusional yaitu melalui hak parlemen dengan membentuk Pansus Pemilu 2019.

Usulan pembentukan Pansus Pemilu 2019 kali pertama dilontarkan oleh Anggota Fraksi PKS, Ledia Hanifa Amalia. Menurut Ledia, Pansus penting untuk mencari tahu tentang penyebab meninggalnya ratusan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan kesalahan input pada Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. (DBS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.