Post views: counter

Header Ads

Ketika Pejabat Tangsel Belajar Ngaji Qur'an



BANTENPERSPEKTIF.COM, TANGSEL - Bulan Ramadhan adalah bulan pendidikan. Bulan penuh keberkahan. Bulan istimewa. Saya yakin, kita semua sepakat akan hal itu. Banyak bahasan terkait bulan suci ini.

Pekan lalu, Allah memberikan saya kesempatan mengikuti salah satu kegiatan Ramadhan di masjid di dekat Mc Donald Kampung Sawah, Kecamatan Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Kegiatannya tilawah bersama sembari melakukan crosscheck kualitas bacaan (tahsin).

Setiap 10 peserta dipandu oleh satu orang musyrif. Musyrif ini boleh dibilang guru. Ia yang menyimak dan membenarkan bacaan kita. Masjid 12x12 meter itu penuh. Acara berlangsung dari pukul 11.00 WIB hingga buka puasa bersama.

Ini salah satu kabar baik. Semangat orang mempelajari dan mengajarkan Al Qur’an terus menjalar ke berbagai pelosok. Tidak hanya di sekolah Islam atau pesantren. Pengurus masjid pun mengadakan program yang sama. Tak heran semakin banyak orang yang hafal Al Qur ‘an.

Ada beberapa musyrifnya yang terlihat lebih muda. Tak peduli. Ya, karena belajar tak kenal umur. Tak kenal jabatan. Beberapa di antara peserta ada pejabat pemerintah. Ada ekskutif muda. Pengusaha juga hadir. Terselip di antara peserta, sosok yang saya kenal, Ruhamaben, seorang yang mempunyai beberapa amanah jabatan. Salah satu direksi BUMD Tangerang Selatan.  Masya Allah, ia memberikan waktu khusus untuk belajar lagi.

Nabi Muhammad bersabda :
“Orang terbaik dari kamu ialah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”.
 (HR Bukhari)

Al-Qur’an adalah petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa dan juga bagi semua manusia. Di dalamnya terdapat penjelasan-penjelasan dari petunjuk itu. Sehigga kemampuan membaca dan memahami kandungan isinya sangat mendesak.

Pemahaman akan memudahkan pengambilan keputusan dan aksi di muka bumi. Semoga semakin banyak pemimpin yang menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman berpijak dan bertindak.

Penulis | Ahmad Wijaya



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.