Header Ads

Kvass, Minuman Mirip Bir Jadi Favorit Muslim Rusia


BANTENPERSPEKTIF.COM, RUSIA - Sekira 20 juta umat Muslim di Rusia menunaikan Puasa Ramadhan selama 17 jam. Dan Muslim Rusiapun memiliki kekhasan soal menu untuk berbuka puasa, salah satunya adalah minuman seperti bir tanpa alkohol bernama Kvass.

Minuman jenis ini menjadi seperti menu wajib saat berbuka bagi Muslim di Rusia. Kvass adalah minuman hasil fermentasi tetapi tidak mengandung alkohol sehingga minuman jenis ini paling diminati Muslim di Rusia.

Selain Kvass, Muslim Rusia juga memiliki dua menu wajib saat Ramadhan, yaitu Khingalsh atau Galnash, yaitu makanan roti yang diisi keju sedangkan Galnash adalah roti yang terbuat dari gandum. 

Menurut berbagai sumber, ada kisaran 8000 an masjid di Rusia sehingga Muslim di Rusia tidak terlalu sulit untuk menemukan masjid. Apalah pemerintah Rusai memang tergolong terbuka dengan aktivitas Muslim.

Hal inilah yang membuat banyak warga Indonesia yang memilih studi di Rusia. Pertumbuhan Muslim di Rusia pun tergolong besar setelah Inggris. Wajar kalau kemudian dalam urusan politik, umat Muslim di Rusia menjadi salah satu komunitas yang diperhitungkan. (DBS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.