Header Ads

Pesta Kemenangan Rusia Dimalam Kelima Ramadhan


Malam ini merupakan salah satu malam keberuntungan saya, selain nanti malam Lailatul Qadar, karena malam ini (Kamis, 9 Mei 2019) atau bertepatan bertepatan dengan malam kelima Ramadhan saya bisa menyaksikan Pesta Kembang Api di Rusia.

Pesta kembang api ini adalah peringatan Hari Kemenangan Rusia atas perlawanannya terhadap Nazi Jerman. Peringatan ini rutin  diselenggarakan setiap 9 Mei. Karena jarak lokasi acara tidak jauh dari dimana saya tinggal maka ini menjadi kesempatan emas untuk menyaksikan kemeriahan pesta kembang api atau pesta Hari Kemenangan Perang Rusia.

Tahun ini merupakan peringatan ke - 74 tahun kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II. Malam itu pukul 22.00 waktu Moskow saya menyempatkan keluar untuk melihat dari jarak dekat bagaimana Rusia memperingati hari kemenangannya.

Awalnya semula saya ragu karena beberapa jam sebelum acara pesta kemenangan berlangsung cuaca tidak mendukung karena hujan, tetapi  saya bersyukur akhirnya bisa menyaksikan pesta dimalam kelima Bulan Ramadhan 2019.

Langit malam itu penuh warna oleh gumpalan kembang api. Masjid Memorialnaya Mecet di Moskow, tepatnya di Jalan Minskaya Moskow menjadi terlihat lebih indah ketika tampak di ujung menara seperti mengeluarkan semburan kembang api yang penuh warna. Benar - benar pesta kemenangan bagi warga Rusia.

Momen 9 Mei merupakan salah satu hari bersejarah bagi Rusia karena tanggal itu mereka bisa memenangkan pertemuran melawan Nazi Jerman yang notebene adalah orang - orang Yahudi. Dan kini Rusia telah membuktikan diri sebagai negara yang kokoh.

Ini merupakan peristwa yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya oleh saya karena bisa menyaksikan momentum kemeriahan masyarakat Rusia saat memperingati Hari Kemenangan. Semoga tahun depan saya kembali bisa menyaksikan pesta ini.

Penulis,
Muhammad Fida Azmi
*Mahasiswa Indonesia Studi di Rusia 


Diberdayakan oleh Blogger.