Header Ads

Tips Sahur Sehat Versi DokterSehat


BANTENPERSPEKTIF.COM, RAMADHAN - Salah satu aktivitas di dalam bulan Ramadhan adalah melakukan Sahur atau makan sebelum waktu imsak. Sebagian umat Muslim masih ada yang menganggap enteng urusan makan Sahur padahal kalau salah makan bisa berdampak pula terhadap kelancaran berpuasa.

Untuk itu supaya puasa di bulan Ramadhan lancar maka sebaiknya Anda memerhatikan menu makanan Sahur agar sehat sehingga puasa pun lancar. Berikut ini tips Sahur Sehat versi Dokter Sehat yang dimuat dalam situs doktersehat.com.

1. Minum air
Awali sahur dengan meminum segelas air putih. Imi akan memberika cadangan cairan karena tubuh akan kehilangan banyak cairan selama berpuasa.

2. Konsumsi buah-buahan
Sebelum menyantap makanan berat seperti nasi, konsumsilah buah-buahan. Selain mengandung antioksidan, serat yang terkandung di dalamnya juga dapat melancarkan pencernaan.

3. Konsumsi makanan mengandung zat besi
Fungsinya adalah untuk mengontrol kadar hemoglobin dalam tubuh. Selama berpuasa, kadar zat besi di dalam tubuh akan menyusut karena berkurangnya sel darah dalam tubuh. Dampaknya akan cepat lemas dan mengantuk dan untuk mencukupi kadar zat besi, konsumsilah daging merah, telur, ikan, sayur, kacang-kacangan.

4. Karbohidrat kompleks
Konsumsi karbohidrat kompleks yang berfungsi mengontrol kadar gula darah selama berbuasa. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi putih dan roti gandum. Hindarilah makanan terlalu manis karena akan membuat tubuh berekasi melepaskan insulin dengan cepat, sehingga akan merasa cepat lapar.

5. Lauk-pauk
Lauk yang kaya akan protein seperti tempe, tahu, kacang-kacangan, daging dan ikan. Ini akan memberikan variasi menu setiap harinya. Anda juga bisa mengonsumsi telur, roti gandum, dan sayuran rebus.

6. Hindari makanan digoreng
Penting untuk dicatat, mindari menggoreng makanan untuk sahur. Makanan yang digoreng akan mengurangi ikatan oksigen hingga 20 persen yang akan menimbulkan rasa kantuk seharian.

7. Magnesium dan potassium
Lengkapi santap sahur Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung magnesium dan potassium, yang terkandung di dalam pisang, almond, dan jeruk. Magnesium membantu tubuh memproduksi energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

Demikian tips Sahur sehat versi dokter sehat, semoga bermanfaat dan Puasa Anda di bulan Ramadhan bisa lancar sampai menemui Idul Fitri. (DBS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.