Header Ads

PKS Usulkan 4 Hal kepada Pemerintah Terkait Perlindungan Anak


BANTENPERSPEKTIF.COM, NASIONAL - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melalui Ketua DPP PKS Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga, Wirianingsih, mengusulkan empat hal yang harus dilakukan pemerintah terkait perlindungan anak.

Keempat hal tersebut yaitu, pertama adalah penguatan kelembagaan atau kKementerian dengan mengubah nomenklatur dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menjadi Kementerian Pembangunan Ketahanan Keluarga dan Perlindungan Anak.

Kedua, meningkatkan status kementerian menjadi kementerian cluster dua. Ketiga, negara harus memiliki komitmen politik anggaran yang tinggi dan serius untuk mengadvokasi peningkatan anggaran untuk perempuan, anak, dan keluarga dan keempat adalah mewujudkan lahirnya UU Ketahanan keluarga sebagai RUU lex spesialis yang menjadi payung hukum perlindungan anak, perempuan dan keluarga

Empat usulan tersebut disampaikan DPP PKS bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional pada 23 Juli 2019 lalu. Usulan tersebut dilandasi oleh realita bahwa jumlah anak Indonesia adalah sepertiga dari jumlah penduduk yaitu sekitar 86 juta jiwa. Jumlah ini tentu signifikan bagi kualitas bangsa kita ke depan, sehingga perlakuan kita terhadap anak saat ini akan menentukan wajah bangsa dan negara ini di masa yang akan datang.

Data tersebut dikutip oleh PKS dari Badan Pusat Statistik Nasional (BPS). Berdasarkan pemetaan permasalahan anak tesebut, Disebutkan bahwa kekerasan terhadap anak menempati urutan pertama, sehingga Indonesia sudah berada pada kondisi darurat  kekerasan terhadap anak.

Hal ini menggambarkan bahwa perlindungan anak selama ini belum optimal dilaksanakan, sehingga perlu ada strategi dan kebijakan khusus yang dilakukan oleh lembaga yang berwenang. (RLS/KNT)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.