Header Ads

Dinilai Jadi Beban Rakyat, Budi Sarankan Pemprov Banten Ganti BPJS




BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG - Budi Prajogo, anggota DPRD Provinsi Banten meminta supaya Pemprov Banten tidak malu untuk mengganti BPJS dengan sistem lama yaitu Jamkesmas atau Jamkesda. Yang terpenting adalah rakyat tidak terbebani seperti sekarang ini dengan naiknya iuran BPJS.

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, kebijakan pelayanan kesehatan yang terlalu sentralistik di Indonesia terbukti tidak berjalan efektif dan bisa dikatakan gagal. Hal ini dikarenakan penduduk Indonesia banyak dan tersebar luas di sejumlah pulau.

"Jadi saya berharap Pemprov Banten tidak perlu malu untuk kembali ke sistem lama yaitu Jamkesda dan Jamkesmas yang merupakan kerjasama antara pusat dengan daerah dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," kata pria yang dalam beberapa hari kedepan akan dilantik menjadi Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten ini.

Masih menurut Budi, keterbatasan anggaran pusat dalam menyelenggarakan sistem Universal Health Care sebaiknya ditangani tidak dengan membuat kebijakan yang justru membebani rakyat seperti sekarang ini.  "Pemerintah seharusnya fokus memberikan pelayanan kesehatan yang prima," terang Budi.

Seperti diketahui, pemerintah pusat dipastikan akan menaikan iuran BPJS hingga 100 persen dengan alasan untuk menutupi defisit atau kerugian BPJS. Protes dari masyarakat pun nyaring karena sejatinya pemerintah mencari jalan keluar lain bukan menambah beban kepada rakyat. (WCR/KNT)








Diberdayakan oleh Blogger.