Header Ads

Mengenal Sosok Ketua Badan Kehormatan DPRD Banten



BANTENPERSPEKTIF.COM, PARLEMEN - Salah satu alat kelengkapan dewan yang strategis adalah Badan Kehormatan (BK) DPRD. Sebab di BK lah etika para anggota dewan termasuk pimpinan dewan akan diuji ketika bermasalah.

Pentingnya posisi BK membuat sosok yang mendapatkan jabatan ini menjadi perhatian para anggota dewan, mulai dari etika kinerja, etika moralitas dan lain sebagainya. Wajar kalau kemudian sosok yang mendapatkan posisi ini harus benar - benar teruji dan memiliki rekam jejak yang bersih agar saat menyidangkan etik anggota dewan yang bermasalah tidak memiliki beban.

Dan posisi strategis ini kini dipegang oleh Sopwan, politisi dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Ia diberikan amanah itu karena dianggap telah memiliki pengalaman seluk beluk kinerja parlemen di Banten dan memiliki rekam jejak yang aman untuk memegang jabatan sebagai Ketua BK DPRD Propinsi Banten.

Sopwan merupakan pendiri Partai Gerindra di Banten. Sebelum menjadi anggota parlemen Banten, Sopwan tercatat pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Serang. Sepanjang karirnya di parlemen, Sopwan tergolong anggota dewan yang memiliki rekam jejak aman.

Pria kelahiran Desa Kramat, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang ini memiliki karir politik yang lancar. Sejak maju sebagai anggota parlemen, ia tak pernah gagal. Kini, ia sedang menjalani jabatan di parlemen Banten untuk periode kedua.

BACA JUGA:
Serba Serbi Syukuran Sopwan
Dukungan Encop Sofia untuk Sopwan
Relawan Sopwan Mulai Gerilya di Sosmed

Sopwan memiliki latarbelakang keluarga yang memegang Agama cukup baik. Ayahnya pernah menjadi kepala desa sedangkan Sopwan sendiri pernah belajar agama di pondok pesantren. Wajar kalau kemudian ia merupakan anggota dewan yang memiliki keahlian mengaji.

Sopwan menamatkan studi S1 Hukum di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) Banten dan melanjutkan S2 Ilmu Hukum di Universitas Jayabaya, Jakarta. Kini, ia sedang menyelesaikan studi S3 di Universitas Jayabaya untuk Ilmu Hukum.

Politisi Penuh Perhitungan
Selain pandai dan mengapal Qur'an, Sopwan juga dikenal politis yang matang dalam memperhitungkan situasi politik. Tak heran ia selalu lolos menjadi anggota parlemen dengan pencapain suara yang selalu naik pada setiap pemilihan umum.

Tak hanya dibidang politik, Sopwan juga cerdik dalam hitung - hitungan bisnis. Seperti diketahui, Sopwan merupakan seorang pengusaha yang bergerak dibidang properti. Salah satu properti yang sedang dipasarkan adalah perumahan subsidi di Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang.

Tak hanya urusan parlemen, dalam pilkada 2020 di Kabupaten Serang pun ia kalkulasikan secara matang. Baginya, politik tak sekadar urusan menang kalah tetapi bagaimana bisa memberikan kontribusi yang lebih besar bagi masyarakat.

Agama Jadi Landasan
Dengan latarbelakang keluarga Islami, Sopwan memang tergolong politisi yang memerhatikan serius urusan Agama. Tak heran ia selalu mengajak anak buahnya untuk shalat berjamaah di musholla yang ia dirikan di kediamannya di Kawasan Banjar Agung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang.

Dalam suatu kesempatan, Sopwan juga terlihat sedang membimbing bacaan Qur'an anak buahnya mulai dari AlFatekhah hingga ilmu tajwid. Ia juga kerapkali melantunkan ayat suci Al Qur;an disela- sela rehatnya di rumah.

Uniknya, Sopwan tak pernah melibatkan sang istri dalam urusan politik. Istrinya ia berikan aktivitas bisnis sendiri dan tak pernah "nimbrung" urusan politik. Menurut dia, selain sang istri tidak mengerti soal politik juga agar tidak ada campur aduk antara urusan politik dengan aktivtias sang istri.

Penulis: Karnoto

Diberdayakan oleh Blogger.