Header Ads

PDIP Kuasai Komposisi Anggota Badan Anggaran DPR



BANTENPERSPEKTIF.COM, PARLEMEN - Fraksi PDI Perjuangan menguasai komposisi anggota Badan Anggaran (Banggar) DPR RI. Terdapat 22 anggota yang ditempatkan di alat kelengkapan dewan strategis ini.

Parlemen DPR RI dimasa lima tahun ke depan diperkirakan akan mudah dikendalikan oleh partai pendukung pemerintah apalagi pasca masuknya Gerindra ke dalam pemerintahan. Seperti diketahui, dalam parlemen Indonesia terdapat alat kelengkapan dewan.

Dari alat kelengkapan dewan yang ada maka Banggar dinilai posisi yang strategis karena dari alat kelengkapan dewan inilah anggaran pemerintah dibahas secara detail bersama pemerintah. Dari komposisi yang ada, selain PDI Perjuangan terdapat partai lain yang menempatkan kadernya di alat kelengkapan dewan ini.

Fraksi lain yang jumlah kadernya di Banggar cukup banyak selain PDIP adalah Partai Golkar sebanyak 15 anggota dan Gerindra 14 orang. Ketiganya merupakan partai yang sekarang berada dalam pemerintahan.

Sementara Fraksi PKS yang menjadi oposisi hanya ada 9 kadernya yang masuk dalam Banggar. Apakah kondisi ini efektif untuk mengontrol pemerintah mengingat jumlah partai oposisi sangat sedikit dibandingkan partai pendukung pemerintah. (DBS)


Diberdayakan oleh Blogger.