Header Ads

Kreatif, Siswa SMK Kimia PGRI Serang Produksi Pelicin Pakaian



BANTENPERSPEKTIF.COM, KREATIVITAS - Kreatif, sejumlah siswa SMK Kimia PGRI Kota Serang ternyata mampu membuat cairan pelicin pakaian, pembersih kacamata dan lilin aromaterapi.

Dari pengamatan BantenPerspektif, produk yang mereka buat tidak kalah menarik dan berkualitas dengan produk branded di pasaran. Hal ini itu disampaikan Murniawati, HRD Enter Private Online  saat menerima bingkisan souvenir tersebut saat menggelar acara di sekolah tersebut.

"Bagus banget produknya karena dari sisi packging dan kualitas produk tidak kalah dengan produk branded di pasaran," aku Murniawati kepada Bantenperspektif.


Dikatakan Sarjana Fisika Universitas Sebelas Maret Solo, Jawa Tengah ini, produk yang dibuat siswa SMK Kimia Kota Serang memiliki keunggulan karena membuatnya dengan ilmu, jadi takaran bahan dan komposisi lainnya mereka tidak menggunakan perkiraan melainkan ilmu.

"Karena mereka anak anak kimia jadi kan pasti pakai ilmu kimia, jadi bagis banget deh. Tinggal bagaimana pemasaranya sehingga lebih banyak dikenal," kata Murni. Pihak sekolah sendiri menurut Murni mengakui jika selama ini masih menghadapi kendala pemasaran.

Sementara itu menurut Konsultan Maharti Brand, Karnoto, persoalan pemasaran memang paling menjadi problem industri rumahan. "Masalah trading (penjualan) memang masalah yang dihadapi pelaku usaha industri rumahan," katanya.

Dikatakan pria yang pernah studi Ilmu Marketing Komunikasi dan Periklanan Universitas Mercu Buana, Jakarta ini, ada beberapa faktor mengapa ini terjadi diantaranya belum mengetahui target market yang akan dibidik, apakah menggunakan demograis usia, psikograis,gaya hidup atau geografis.

"Tanpa adanya target market maka akan kesulitan. Dan sebetulnya tidak ada produk yang tidak laku yang ada adalah karena salah pasar," ujarnya. Faktor kedua, kata dia, komunikasi pemasaran yang belum optimal. Padahal sebagus apapun produk kalau tidak dikomunikasikan maka produk tersebut tidak akan berarti apapun."Nah, tools komunikasi pemasaran itu banyak bisa digital marketing, advertising, event ataupun publisitas," katanya. (RLS)

Diberdayakan oleh Blogger.