Header Ads

APDESI Tangerang Minta Kades Baru Paham Tugasnya

Rate this News:
{[['']]}

BANTENPERSPEKTIF.COM, KAB.TANGERANG- Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Tangerang meminta kepala desa (kades) yang baru dilantik segera memahami tugas dan fungsinya sebagai Kades. Hal ini diungkapkan Ketua Apdesi Kabupaten Tangerang, H. Aenilah Syarif, Selasa (17/12/2019).

"Saya pesan kepada kawan-kawan Kades yang baru dilantik, pahami hak dan kewajiban Kades. Pahami UU No. 6 tahun 2014 tentang Desa," ujar H. Aenilah yang juga Kades Cibetok Kecamatan Gunung Kaler.

Sebab, UU itulah yang menjadi rujukan dalam pembangunan desa, penataan dan tata kelola desa, pemberdayaan desa, pembinaan desa, dan pembangunan wilayah desa. "Jadi, Kades harus membaca undang-undang desa agar paham dan mengerti tentang desa," sambungnya.

Di sisi lain, dia juga berpesan agar para Kades yang notabene juga anggota APDESI memprioritaskan pelayanan masyarakat.

Terkait program, Kades juga harus berinovasi. Tidak sekedar menjalankan tugas-tugas rutin saja. Sebab, inovasi dan kreativitas akan membawa dampak kemajuan desa dan bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Ke depan, APDESI juga akan terus melakukan pendampingan dalam tugas-tugas Kades, terutama berkaitan dengan penggunaan dana desa tidak terjadi penyimpangan.

Sebab, dari pendampingan yang dilakukan selama ini, munculnya masalah Dana Desa salah satu penyebabnya karena adanya ketidaktahuan Kades dalam penadministrasian penggunaan Dana Desa.

Pendampingan yang dilakukan misalnya terkait implementasi sistem pengawas keuangan desa (siswaskeudes) dan laporan pertanggungjawaban dana desa.

"Kami memberikan pendampingan agar para Kades tata cara pengelolaan Dana Desa. Jangan sampai muncul kesalahan administrasi sebab akan berdampak timbulnya masalah," ujar H. Aenilah.

Dia berharap, para Kades di wilayah Kabupaten Tangerang memanfaatkan Dana Desa sesuai aturan yang ada. Yakni, untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat. "Yang semua muaranya adalah untuk kesejahteraan warga di desa," tutupnya.

Reporter : Ayatullah Chumaeni
Editor : Karnoto

Baca Juga

Diberdayakan oleh Blogger.