Header Ads

Konveksi di Pasir Ampo Kresek Butuh Bantuan Modal


BANTENPERSPEKTIF.COM, KAB.TANGERANG -  Usaha konveksi Mitra Konveksi di RT 03 RW 02 Desa Pasir Ampo Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang berkembang pesat.

Saat ini, usaha yang dikelola Diding Jaidi (56) bersama keluarganya itu banyak memenuhi pasar wilayah Jakarta dan sejumlah daerah. "Permintaan terbanyak dari Tanah Abang Jakarta. Tapi sekarang sudah merambah ke sejumlah daerah lain," ujarnya.

Dalam usahanya, Diding tidak hanya memproduksi kaos oblong polos saja, tapi juga nelayani sablonan sesuai permintaan pasar.

Meningkatnya order yang diterima membuat Diding juga menambah tenaga jahit. Seluruh tenaga kerja yang ada memanfaatkan SDM lokal sekitar tempat tinggalnya. "Saya mengajarkan ke mereka cara menjahit. Jadi tenaga kerja di sini awalnya tidak punya ketrampilan menjahit," ungkap Jaidi.

Dengan mempekerjakan tenaga sekitar, dia sudah ikut serta mengurangi angka pengangguran di desanya. "Para ibu-ibu ini juga mendapat penghasilan tambahan dari menjahit," ujarnya. Soal kualitas produksi, Diding meyakinkan dapat bersaing di pasaran dengan harga kompetitif.

"InsyaAllah permintaan pasar cukup banyak. Tapi terus terang, saat ini kami kesulitan untuk kita penuhinya lantaran terbatasnya modal usaha dan belum lengkapnya alat produksi," ujar Diding seraya menyebut usaha ini sudah dijalani lebih dari 4 tahun.

Harapannya, ke depan, pihak terkait dapat memberikan bantuan modal usaha dan pembinaan agar usaha kecil di daerah bisa tumbuh pesat. Terpisah, Ketua Forum Usaha Mikro Kab Tangerang (Forsamik) Suhendra mengungkapkan kesediaannya membantu para pengusaha mikro di desa. Langkah awal dengan  memfasilitasi perizinan usaha.

Reporter : Ayatullah Chumaeni
Editor : Karnoto
Diberdayakan oleh Blogger.