Header Ads

Marslaw Banten Lakukan Pengerukan Kali Cituis di Pakuhaji


BANTENPERSPEKTIF.COM, KAB,TANGERANG - Pengerukan normalisasi Kali Cituis, Desa Sukawali, Kecamatan Pakuhaji, kabupaten Tangerang yang dimotori Marslaw Officer Provinsi Banten, dengan menggunakan dana swadaya masyarakat nelayan dilakukan.

Diketahui kali Cituis yang terletak di dua desa yakni Desa Surya Bahari dan Desa Sukawali, Kecamatan Pakuhaji mengalami penangkalan.  Banyak nelayan berkeluh kesah akibat dangkalnya kali serta muara pantai Cituis tersebut.

Menurut salah satu sumber yang tidak ingin namanya disebutkan mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pernah menganggarkan dana hibah 3 Milyar untuk melaksanakan normalisasi tersebut, namun ditolak oleh Pemerintah Provinsi Banten.

“Jadi ada ke khawatiran wilayah tersebut di klaim milik Provinsi DKI Jakarta, seperti hal pembangunan tempat pelelangan ikan dan dermaga Cituis yang dilaksanakan oleh Pemda DKI Jakarta,” tuturnya.

Ketua Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Cituis Suryadi mengatakan, bahwa dirinya sudah sering mengajukan permohonan untuk normalisasi pengerukan kali Cituis, kepada Pemerintah Provinsi Banten, namun realisasinya tidak kunjung datang.

“Saya sudah sering ajukan kepada Pemprov Banten, akan tetapi tidak pernah terealisasi,” ungkapnya.

Sementara itu, Marslaw Officer Banten yang mendengar keluh kesah masyarakat nelayan, khususnya desa Surya Bahari dan desa Sukawali bertindak dibawah kepemimpinan Daniel Turangan membentuk team swadaya masyarakat untuk melaksanakan normalisasi kali Cituis tersebut, tanpa melihat batas teritorial wilayah apakah itu wilayah teritorial Banten atau DKI Jakarta.

“Begitu mendengar keluh kesah masyarakat nelayan, kami langsung buat team swadaya masyarakat,” ucap Daniel Turangan.

Menurut Daniel Turangan, dirinya merasakan empati terhadap masyarakat nelayan sehubungan kebutuhan nelayan yang sangat sulit melakukan aktivitas melaut atas dangkalnya kali Cituis tersebut. Sementara akses nelayan terganggu, yang terkadang sering terjadi pertikaian antar para nelayan yang akan keluar masuk baik menuju kelaut maupun menuju dermaga.

“Nelayan dengan nelayan sering ribut akibat dangkalnya kali Cituis,” ucapnya.

Dalban, RW Surya Bahari mengatakan, bahwa adanya kegiatan yang dilakukan Marslaw Officer Banten beserta jajarannya merasa gembira. Menurutnya, para nelayan sepakat mendukung segala kegiatan yang dilakukan marslaw officer Banten dalam rangka normalisasi pengerukan kali Cituis.

“Kami warga nelayan sanger bersyukur adanya marslaw officer di tengah-tengah kami, yang senantiasa peduli akan keluh kesah masyarakat,” ucapnya.

Senada dengan Nursin pemilik kapal, sangat senang dan berterima kasih adanya normalisasi pengerukan kali Cituis. Secara khusus Sekjen Marslaw Officer Banten Ahmad Yani meminta kepada Bupati Tangerang dan Ketua DPRD Kabupaten Tangerang, untuk segera meninjau kegiatan tersebut, sebagai bentuk kepedulian terhadap warga nelayan.

“Kami ingin bupati dan ketua DPRD Tangkab terjun dan melihat kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian,” inginnya.

Marslaw Officer Banten dalam kegiatannya dibantu aparat pemerintah setempat seperti TNI AL beserta jajarannya dan masyarakat secara bersama-sama serta memberikan dukungan baik moril maupun materil.

Reporter : Ayatullah Chumaini
Powered by Blogger.