Header Ads

Aset Tak Kunjung Diserahkan, Dewan Kota Serang Kesel



BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG - DPRD Kota Serang merasa kesel terkait penyerahan aset oleh Pemkab Serang yang tak kunjung dilakukan, padahal sudah 13 tahun dimekarkan. Mereka pun meminta Gubernur Banten Wahidin Halim untuk bisa memfasilitasi masalah ini.

Ketua Komisi III DPRD Kota Serang, Tb. Ridwan Akhmad mengatakan, jika dalam urusan penyerahan aset kedua pemerintah daerah mengalami kebuntuan maka  jalan keluarnya Gubernur harus turun tangan untuk bisa segera menyelesaikan masalah tersebut.

"Jika pihak Pemkab Serang belum menyerahkan aset sedangkan tidak menemui titik temu maka jalan keluarnya memang harus Gubernur Banten turun tangan," jelas Ridwan.

Dijelaskan Ridwan, penyerahan aset ini penting karena sampai sekarang 30 persen aset yang penting masih menjadi milik Pemkab Serang dan belum diserahkan kepada Pemkot Serang. Padahal usia pemekaran sudah 13 tahun lamanya.

Masih menurut Ridwan, beberapa memang sudah diserahkan diantaranya 9.411 item dengan nilai Rp 295 miliar terdiri dari aset tanah, bangunan, mesin dan lainnya.  Penyerahan tersebut dilakukan pada tahun 2010.

Sedangkan ditahun 2018 Pemkab Serang telah menyerahkan aset sebanyak 195 item dengan nilai Rp 203 miliar. Sisanya sebanyak 227 item yang belum diserahkan hingga saat ini termasuk pendopo Bupati Serang.

Aset yang belum diserahkan yaitu 54 bidang tanah, 173 gedung termasuk Pendopo Bupati Serang, kantor PDAM, RSUD Serang dan lainnya," terang Ridwan. Dalam kesempatan itu, Ridwan juga menyangkan aset tanah yang diserahkan oleh Pemkab Serang sebanyak 554 bidang tanah ternyata menyisakan masalah.

Sementara itu, Sekretaris Komisi III DPRD Kota Serang Yoppy R mengatakan bahwa penyerahan aset sesuai dengan undang - undang. "Ini kan sudah 13 tahun jangan karena masalah Puspemkab Serang lalu dikaitkan dengan urusan penyerahan aset," katanya. (DBS)
Powered by Blogger.