Header Ads

Donal Trump Akhirnya Selamat dari Pemakzulan

Rate this News:
{[['']]}


BANTENPERSPEKTIF.COM, INTERNASIONAL - Donal Trump Presiden Amerika Serikat akhirnya selamat dari pemakzulan setelah menunggu hampir tiga pekan. Sidang pemakzulan oleh Senat Amerika Serikat memutuskan bahwa Donal Trump tidak bersalah.

Senat yang dikuasai Partai Republik membebaskan Trump dari dua pasal yang dituduhkan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), yakni pasal tentang penyalahgunaan kekuasaan dan pasal tentang menghalangi penyelidikan Kongres. Proses penyelamatan Trump oleh Senat dilakukan melalui voting, di mana 53 suara memilih membebaskan Trump dan 47 suara menentangnya.

Ketua Mahkamah Agung John Roberts membacakan pemungutan suara terakhir Senat atas kedua pasal pemakzulan dan menyatakan bahwa Presiden dibebaskan. Artinya, Donald Trump tetap berkuasa di Gedung Putih.

"Senat telah mengadili Donald John Trump, Presiden Amerika Serikat, atas dua Pasal Impeachment yang diperlihatkan kepadanya oleh Dewan Perwakilan Rakyat, dan dua pertiga Senator yang hadir tidak menemukan dia bersalah atas tuduhan yang terkandung di dalamnya," kata Roberts.

"Oleh karena itu, diperintahkan dan diputuskan bahwa Donald John Trump dibebaskan dari tuduhan dalam pasal-pasal tersebut," lanjut Roberts.

Pengacara Trump, Jay Sekulow, berpendapat bahwa keputusan apakah Trump harus dikeluarkan dari Gedung Putih harus dibuat oleh rakyat Amerika daripada oleh Kongres. "Jawabannya adalah pemilu, bukan pemakzulan," katanya.

"Intinya adalah bahwa lawan presiden tidak menyukai presiden, dan mereka tidak menyukai kebijakannya," kata pengacara di hadapan Senat, seperti dilansir Sputniknews, Kamis (6/2/2020).

Sumber: WartaEkonomi

Baca Juga

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.