Header Ads

Revitalisasi Alun - Alun Kota Serang Akan Sedot Duit Rp 7 Miliar



BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG - Pemerintah Kota Serang berencana merevitalisasi Alun - Alun Kota Serang. Dibutuhkan anggaran kurang lebih Rp 6 hingga Rp 7 miliar. Sementara kemampuan Pemkota Serang hanya Rp 1 miliar, sisanya akan meminta bantuan dari Pemprov Banten.

Hal tersebut terungkap saat ekspos Revitalisasi Pembangunan Ruang Terbuka Hijau di Aula Setda Pemkota Serang pada Jumat (30/2/2020). Hadir dalam ekspos tersebut Wali Kota Serang Syafrudin dan Wakil Wali Kota Serang Subadri.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) Kota Serang Iwan Sunardi mengatakan,  untuk program revitalisasi Alun-alun Kota Serang yang masuk dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di 2020.

Dijelaskan Sunardi, bentuk dan kondisi RTH Alun-alun Kota Serang yang akan direncanakan dan menargetkan selesai di tahun 2021. Dan revitalisasi ini membutuhkan dana sekira 6-7 Milyar sedangkan dana dari Pemkot hanya sekitaran satu milyar.

"Tentunya ini membutuhkan bantuan dari Pemprov Banten dan investor-investor sehingga pembangunan ini bisa berjalan sebagaimana yang diharapkan," terang Sunardi. Ditambahkan Sunardi, rencana revitalisasi diantaranya akan dijadikan sebagai sarana untuk menuangkan seni dengan adanya pojok seni untuk menampung kreativitas-kreativitas masyarakat Kota Serang.

Selain itu, nantinya Alun - Alun Kota Serang akan dijadikan sebagai tempat dan acara pengajian rutin tiap malam jumat, jalan penghubung antara alun-alun timur dan barat dibenahi agar tidak menjadi tempat berjualan dan parkir liar,  adanya perpustakaan, pembangunan sky bridge yang akan menghubungkan alun-alun barat dan timur dan diharapkan juga bisa sampai ke Ramayana.

Revitalisasi ini juga mempertimbangkan masukan dari masyarakat Kota Serang. Salah satu usulnya adalah  adanya sky bridge untuk tidak diperbolehkannya pedagang atau pengemis ada diarea sekitar dan tidak boleh tertutup karena rawan bahaya.

Sementara itu, Wali Kota Serang Syafrudin juga menyampaikan, revitalisasi ini untuk secepatnya selesai dengan mengutamakan keindahan dan kerapihan. “ Kalau target pembangunan, kami inginnya secepatnya selesai, dan yang paling utama dalam pembangunan ini adalah keindahan kemudian kerapihan antara tempat olahraga, untuk keluarga atau acara-acara kenegaraan, “ singkatnya. (RLS)

No comments

Powered by Blogger.