Header Ads

Sudah Sewa Pesawat, Jokowi Batal ke Las Vegas



BANTENPERSPEKTIF.COM, NASIONAL - Presiden Joko Widodo menunda perjalanan ke Amerika Serikat karena pihak pemerintah AS menunda acara KTT Asean - Amerika Serikat di Las Vegas. Padahal, pemerintah telah menyewa pesawat Garuda Indonesia.

Seperti diketahui, Amerika Serikat menunda KTT ASEAN yang akan berlangsung bulan depan di Las Vegas karena wabah virus corona. Dilansir CNN Indonesia yang mengutip dari AFP, pejabat administrasi AS keputusan tersebut diambil karena kekhawatiran penyebaran virus corona.

Pada bagian lain, pemerintah Indonesia membenarkan penundaan kunjungan Presiden Jokowi ke Las Vegas, Amerika Serikat. Sejatinya KTT tersebut akan diadakan pada Maret 2020. Terkait pesawat yang telah disewa yaitu Garuda Boeing 777-300ER pemerintah tidak berpengaruh terhadap biaya sewa meski acaranya ditunda.

Pemerintah berlasan memilih sewa pesawat kendati telah memiliki Pesawat Kepresidenan sendiri karena untuk efektifitas. Kepala Sekretaris Presiden Heru Budi Hartono mengatakan waktu tempuh maksimal penerbangan dengan pesawat yang disewa 14 jam.

"Waktu tempuh maksimal penerbangan dari Boeing 777-300ER adalah 14 jam sehingga penerbangan dari Jakarta ke Las Vegas, lokasi KTT berlangsung, dengan pesawat berbadan lebar ini dapat ditempuh hanya dengan satu kali transit," jelas Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Jumat (28/2/2020) seperti dilansir Liputan6.Com.

Sementara jika menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1 tipe Boeing 737-800 yang selama ini digunakan Jokowi, jarak tempuh ke Amerika bisa mencapai dua hari sebab harus tiga kali transit. Dengan hanya sekali transit, maka nantinya bisa dipilih negara transit yang aman dari virus corona.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung saat ditanya wartawan apakah hal itu tidak pemboroan,  mengatakan bahwa sewa pesawat untuk menghemat ongkos.(DBS)
Powered by Blogger.