Header Ads

Viral, Tulisan Perihal Kyai Diatur Orang Kaya

Rate this News:
{[['']]}


BANTENPERSPEKTIF.COM,DUNIA ISLAM - Beredar tulisan netizen  dengan judul "Keluhan Ulama Muda, Gus Baha". Dalam tulisan tersebut tersirat semacam keprihatinan dari Gus Baha tentang sejumlah hal diantaranya  pergeseran tradisi atau culture ulama di dalam Nahdlatul Ulama (NU).

Dalam bagian terakhir tersebut tertera nama penulis yaitu KH. Bahauddin Nur Salim (Rois Syuriah PBNU). Menurut Gus Baha dalam tulisan tersebut, NU itu terlalu banyak pengajian umum. Tradisi ngaji (kitab) mulai hilang. Itu lampu merah. Orang kaya suka ulama. Suka kiai. Tapi maunya ngatur ulama, tidak mau diatur ulama. Saya ga mau ngaji yang ribet itu. Harus pasang panggung, sound system, yang penting bupati datang. Ribet.

Dalam tulisan tersebut dikatakan bahwa sekarang banyak ulama diatur oleh orang kaya, padahal harusnya sebaliknya ulama yang mengatur orang kaya. "Saya ingin kebesaran ulama itu kembali, yaitu bisa mengatur orang kaya. Bukan seperti sekarang, diatur orang kaya," tulis Ainul mengutip keluhan Gus Baha.

Menariknya, tulisan tersebut banyak dishare oleh netizen. Pantauan BantenPerspektif pada Kamis (6/2/2020) sekira pukul 17.00 WIB, tulisan tersebut sudah dishare 46 kali. Tulisan tersebut juga menyinggung sejumlah nama yang sering membuat kontroversi, yaitu Abu Janda, Gus Ulil dan nama lainnya.

Berikut ini tulisan lengkap yang diunggah di akun facebook Ainul Hamid.

Baca Juga

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.