Header Ads

Lima Hal Penting Agar Komunikasi Efektif



BANTENPERSPEKTIF.COM, GAYA HIDUP - Kegagalan komunikasi akan berdampak serius terhadap kesuksesan Anda baik dalam bidang bisnis, pemerintahan maupun sosial. Untuk itu lakukan komunikasi secara efektif agar pesan yang ingin disampaikan bisa diterima dengan jelas.

Berikut ini lima hal yang harus Anda perhatikan agar komunikasi bisa efektif sehingga mencapai kesuksesan.

1. Informasi Harus Praktis
Artinya informasi yang disampaikan harus memiliki manfaat bagi khalayak atau publik. Bagi Anda seorang pengusaha maka berikanlah infromasi yang bermanfaat bagi calon customer. Bagi Anda politisi maka berikan lah informasi yang bermanfaat bagi konstituen. Bagi Anda prakrisi atau aktivisi sosial maka berikanlah informasi yang bermanfaat bagi para calon donatur.

2. Infromasi Fakta Bukan Kesan atau Opini
Sajikan data yang aktual, faktual dan bisa dipertanggungjawabkan saat melakukan komunikasi dan jangan informasi yang masih bersifat kesan atau opini. Kalau toh itu masih opini sertakanlah data penunjang untuk memperkuat opini tersebut.

3. Padat dan Jelas
Artinya hindari informasi yang bertele - tele karena saat ini orang sudah terlalu banyak menerima informasi sehingga kalau informasi yang Anda sampaikan tidak padat dan tidak jelas maka akan berdampak serius.

4. Bertanggungjawab
Artinya ketika Anda melakukan komunikasi maka sampaikanlah harapan yang ingin Anda inginkan sehingga akan mendapat respon balik dari khalayak.

5. Persuasif
Artinya ketika Anda melakukan komunikasi maka tentu harus ada yang pesan yang bersifat persuasif atau ajakan didalam pesan yang Anda sampaikan.

Demikian lima hal agar komunikasi bisa efektif, semoga ini bisa membantu Anda dalam melakukan komunikasi bisnis, komunikasi politik, komunikasi organisasi dan komunikasi birokrasi. Jika Anda mampu melakukan lima hal di atas maka akan terhindar dari efek negatif akibat komunikasi yang tidak efektif.

Penulis : Karnoto
Foto: BantenPerspektif
Diolah dari Buku Komunikasi Bisnis
Penerbit Indeks

No comments

Powered by Blogger.