Header Ads

Optimisme Disaat Sakit Bisa Menjadi Obat

Rate this News:
{[['']]}

Foto Ilustrasi/ig@tedy_riskiyanto01

Membangun dan menjaga optimisme sehingga terhindar dari putus asa saat kondisi sehat itu hal biasa, tetapi optimisme disaat sakit itulah yang istimewa sekaligus menjadi obat. Sebagai seorang Muslim, kita sadar bahwa sehat dan sakit pada hakikatnya adalah kebaikan.

Mungkin dalam persepsi manusia sakit adalah hal keburukan, namun  tahukah Anda bahwa sakit pun sesungguhnya adalah kebaikan karena menjadi pembersih dosa - dosa yang selama ini dilakukan.

Optimisme adalah kebiasaan berpikir positif yang dilihat melalui gaya penjelasan individu terhadap peristiwa yang dialami atau yang belum dialami (Seligman). 

Optimisme itu sendiri dapat membantu meningkatkan kesehatan secara psikologis, memiliki perasaan yang baik, melakukan penyelesaian masalah dengan cara yang logis sehingga hal ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh (Ghufron Nur et al., 2010).

Apa yang dikatakan para ahli di atas sudah pernah disampaikan Rasulullah SAW berabad - abad silam. Itulah mengapa seorang Muslim harus tetap optimistis dikala mendapatkan ujian sakit. Rasulullah SAW telah mengajarkan kita bagaimana menempatkan sakit dalam perspektif sebagai seorang Muslim. 

Rosulullah SAW mengatakan apabila menengok orang sakit

لَا بَأْسَ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللَّهُ
Artinya:
Tidak apa apa , (sakit ini) jadi pembersih (dosa) insya Allah. - HR: Imam Bukhari - 

Penjelasan :
Diantara obat suatu penyakit adalah perasaan optimis akan kesembuhan dan menghilangkan rasa cemas dan khawatir yang berlebihan,

Untuk itu Rasulullah SAW menghibur yang dijenguk dengan rasa optimisme akan kesembuhan. Oleh karena itu saat menjenguk orang sakit kita disunnahkan  menghibur nya dan mendoakannya.

Kedua beliau juga memberitahukan bahwa sakitnya itu akan menjadi penghapus dosa, itu adalah sebuah kabar gembira bahwa penderitaannya selama ini menjadi penghapus dosa - dosanya. Semoga Allah selalu memberikan kesehatan kepada kita dan keluarga kita.




Baca Juga

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.