Header Ads

Puasa Syawal 6 Hari = Puasa Setahun

Rate this News:
{[['']]}
Ilustrasi Foto/Keephamasahblog.com

Ramadhan baru saja berlalu dan meninggalkan kita semua. Kini kita sedang memasuki Bulan Syawal. Lalu adakah hal istimewa dari Bulan Syawal selain merayakan kemenangan Idul Fitri? Yuk kita simak Hadist Rasulullah SAW tentang keistimewaan Bulan Syawal.

Psikis manusia biasanya mau melakukan sesuatu ketika mengetahui apa imbalan atau yang akan didapatkan ketika mengerjakan sesuatu. Nah, Rasulullah SAW telah memberikan informasi terkait imbalan itu.

Rasulullah SAW bersabda:

من صام رمضان ثم اتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر

Artinya:
Barangsiapa yang berpuasa Romadhon kemudian diiringi dengan puasa 6 hari di Bulan Syawal itu (pahalanya) seperti puasa setahun. - HR: Muslim -

Penjelasan:
Puasa enam hari di Bulan Syawal pasca Ramadhan memiliki keutamaan yang besar sekali, pahalanya terhitung seperti puasa satu tahun dan puasa ini hukumnya sunah.

Adapun cara pelaksanaannya boleh berturut - turut enam hari boleh atau  berselang 6 hari selama dalam Bulan Syawa, mengapa demikian? Karena dalam hadist ini tidak disebutkan mesti berturut turut enam hari. Semoga Allah SWT memudahkan kita untuk dapat meraih keutamaan puasa enam hari pada Bulan Syawal.

Karena imbalannya cukup besar dan menggiurkan sangat sayang untuk dilewatkan. Apalagi kita belum ada kepastian apakah Syawal tahun depan masih bisa menikmati atau tidak !. Jadi yuk, kita berazzam (bertekad) untuk bisa mendapatkan ini semua.





Baca Juga

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.