Header Ads

Hidup Tanpa Al Qur'an Mirip Rumah Tak Berpenghuni

Rate this News:
{[['']]}
IlustrasiFoto/Radarindo.Co


Apa yang Anda rasakan ketika memasuki sebuah rumah tanpa penghuni, apa kesan Anda ketika melihat rumah tanpa penghuni dan apa yang ada dalam fikiran Anda ketika melihat rumah tanpa penghuni.

Pasti Anda akan mengatakan sayang amat ya, rumah bagus kok tidak dihuni. Serem amat ya rumah tanpa penghuni dan deretan kesan negatif lainnya pasti akan menyelinap dalam benak Anda. Bukan saja kesan itu, tetapi rumah tanpa penghuni akan menjadi mubazir meskipun rumah itu bagus secara fisik.

Gambaran seperti itulah bagi orang yang tidak ada dalam hatinya satu pun Al Qur'an. Gelap, mubazir, serem dan hampa. Tentu kita sebagai seorang Muslim tidak menginginkan pribadi yang demikian.

Seorang Muslim tentu menginginkan wajahnya terlihat ceria, bercahaya, enak dipandang, memancarkan kebaikan. Maka dari itu bacalah Al Qur'an, hiasilah rumah kita dengan Al Qur'an, hadirkanlah Al Qur'an dalam keluarga kita supaya kita tidak seperti rumah tanpa penghuni seperti yang disabdakan Rasulullah SAW.

Rasulullah Saw bersabda:
إِنَّ الرَّجُلَ الَّذِي لَيْسَ فِي جَوْفِهِ شَيْءٌ مِنْ الْقُرْآنِ كَالْبَيْتِ الْخَرِبِ
Artinya:
Orang yang dalam hatinya tidak ada suatupun Al-Qur'an  ia ibarat rumah yang tidak berpenghuni. ~ HR : Ahmad dan Tirmidzi ~

Penjelasan:
Al-Qur'an turun di bulan Ramadhan dan di malam Lailatul Qadar. Turunnya Al-Qur'an sebagai petunjuk kehidupan bagi ummat manusia (هدى للناس ), manusia tanpa Al-Qur'an seperti bangunan tak berpenghuni, kotor , seram, menakutkan karena ia tidak berpegangan dengan kalam ilahi, tidak ada cahaya dalam hatinya.

Manusia yang berpegangan dengan Al-Qur'an saja masih mungkin tergelincir apabila ia lengah dengan bujukan syetan oleh karena itu kita selalu minta petunjuk kepada Allah yang maha pemberi petunjuk minimal lima kali sehari semalam dalam shalat kita.

Maka tempatkan Al-Qur'an dalam hati kita agar selalu menerangi gelapnya relung hati yang selalu berubah rubah. Jangan biarkan hati kosong sama sekali tanpa Al-Qur'an karena pasti hati akan menjadi kering gersang berpenyakit. Semoga Allah karunia kan kepada kita kecintaan terhadap Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah Saw agar hati damai dan tentram.



Baca Juga

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.