Header Ads

Berapa Sih Biaya Naik Haji yang Sebenarnya

Rate this News:
{[['']]}
Doc.Grafis/BPKH


BANTENPERSPEKTIF.COM, HAJI DAN UMROH - Bagi Anda yang berniat naik haji tentu pasti penasaran berapa sebenarnya biaya haji selama 40 hari? Berikut ini penjelasan dari Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH)

Biaya riil penyelenggaran haji terus meningkat setiap tahunnya, mulai dari Rp 54,1 juta per jamaah pada tahun 2016 sampai tahun 2019 lalu besarannya mencapai Rp 70,6 juta rupiah per jamaah.

Biaya riil penyelenggaraan Haji pada tahun 2020 diperkirakan akan naik disebabkan adanya inflasi, fluktuasi mata uang, biaya penerbangan, makan, penginapan dan lain-lain.

Kenaikan biaya riil ini, tidak diiringi dengan kenaikan biaya direct cost (yang dibayar Jemaah). Sejak tahun 2018 ongkos haji yang dibayar oleh jamaah tidak mengalami kenaikan, tetap diangka Rp 35,2 juta.

Biaya direct cost (Bipih) yang tidak naik ini mengakibatkan peningkatan tajam pada penggunaan nilai manfaat untuk menutup biaya riil yang diperlukan.

Jika biaya Haji (Bipih) tahun 2020 tetap diangka Rp 35,2 juta maka penggunaan nilai manfaat atau indirect cost menjadi jauh lebih besar daripada biaya yang dibayar jamaah yakni sebesar Rp 37,9 juta.

Sumber | Press Release 
Editor  | Karnoto

Baca Juga

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.