Header Ads

Perhatikan Ini Ketika Shalat Jenazah


Foto Ilustrasi/BrillioNet

Kehidupan memang dipastikan akan ada akhirnya atau disebut dengan kematian.Kata inilah yang akan memutus kebahagiaan selama di dunia, kematian pula yang akan menghentikan seluruh aktivitas di dunia.

Selsaikah Islam memberikan panduan? ternyata tidak ! Karena ada hal lain yang diharus dilakukan seorang Muslim yang ditinggalkan yaitu menyolatkan jenzah. Seperih apapun kita yang ditinggalkan oleh si mayit, sesedih apapun kita berpisah dengan si mayit maka tetap harus ikhlas.

Rasulullah Saw bersabda:
إِذَا صَلَّيْتُمْ عَلَى الْمَيِّتِ فَأَخْلِصُوا لَهُ الدُّعَاءَ
Artinya
Jika kalian menyolatkan mayit (sholat janazah) maka ikhlaskan doa untuknya.
~ HR : Abu Daud ~

Penjelasan:
Angka kematian dimasa pandemi meningkat tajam, namun bagaimana cara pengurusan jenazah khususnya Sholat janazah ini harus menjadi  perhatian penting bagi semua pihak.

Hadist ini memang umum untuk setiap Sholat jenazah dan poin pentingnya Sholat jenazah adalah mendoakan mayit agar mendapatkan ampunan Allah SWT dengan cara kita yang menyolatkan benar -  benar ikhlas dalam mendoakannya dan memohonkan baginya ampunan Allah SWT.

Semoga Allah SWT memberikan ampunan bagi kedua orangtua kita dan saudara saudara kita yang telah mendahului kita, Aamiin.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.