Header Ads

Ahmad Dhani "Tausiahi" Deddy Corbuzier Soal Islam



BANTENPERSPEKTIF.COM | SELEBERITIS | Musisi legendaris Ahmad Dhani menyatakan bahwa Islam menurut dirinya ada tiga dimensi, yaitu religius, spiritualitas dan fiqh. Dhani pun mengklopkan sejumlah tokoh yang masuk dalam tiga dimensi tersebut.

"Dalam dimensi riligius Islam sejajar dengan Agama lain seperti Kristen, Budha dan Hindu. Lalu dalam dimensi spritual erat kaitannya dengan tasawuf dan terakhir dimensi fiqh. Ini yang banyak orang tidak tahu," kata Dhani saat hadir pada podcast di Channel Youtube Deddy Corbozier.

Mendengar penjelasan Dhani, Deddy sempat terkejut sampai harus geser kursi dan mengulangi pernyataan Ahmad Dhani yang mengatakan bahwa Islam sejajar dengan Agama lain. "Sebentar, sebentar, Anda katakan Islam sejajar ya," tanya Deddy untuk memastikan pernyataan Dhani tersebut.

Dhani pun menerangkan bahwa dimensi religius memang Islam sejejar dengan Agama lain, sedangkan Tasawuf masuk pada dimensi spiritual. "Nah, tokoh seperti Gusdur itu masuknya dimensi spriitual sedangkan Habib Riziek Sihab masuk dalam dimensi Fiqh," terang Dhani.

Lebih lanjut Dhani menjelaskan pada dimensi religius Islam merupakan stakeholder terbesar dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). "Nah, yang diperjuangkan oleh kita termasuk ulama -ulama yang masuk dalam dimensi Fiqh seperti Habib Riziek itu adalah dimensi religius dalam konteks kenegaraan dan kebangsaan, bukan pada dimensi Fiqh ataupun spiritual," kata Dhani.

Dikatakan Dhani, selama ini banyak orang keliru tentang masalah ini, padahal ulama - ulama yang sering ditudih radikal (Habib Riziek Sihab dan lainnya) adalah memperjuangkan Islam dalam dimensi religius. "Artinya yang mereka perjuangkan dalam konteks kenegaraan dan kebangsaan, bukan pada dimensi spritual apalagi Fiqh," kata Dhani. (knt)


No comments

Powered by Blogger.