Header Ads

Maju Calon Pimpinan Baznas Provinsi, Ini Alasan Zaenal Suja'i



BANTENPERSPEKTIF.COM | SOSOK | Zakat sebagai pondasi dasar ekonomi umat perlu optimalisasi lembaga sehingga upaya meningkatkan kesejahteraan umat lewat Baznas menjadi suatu hal yang sangat penting karena kemiskinan bisa membawa kepada kekafiran.

Demikian diungkapkan Zaenal Suja'i, salah satu calon pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten untuk periode 2020 - 2025.

Kepada BantenPerspektif, Sabtu (25/07/2020), Zaenal mengatakan hal tersebut merupakan salah alasan mengapa dirimya kembali maju sebagai calon pimpinan Baznas Provinsi Banten untuk periode 2020 - 2025.

"Dalam undang² 23/2011, bahwa pimpinan Baznas bisa dipilih kembali sampai 2 priode, atas peluang itu maka saya mebcalonkan kembali. Alasan Karena sebelumnya sudah menjadi komisioner Baznas Provinsi Banten priode 2015-2020, sehingga banyak hal dari program² yang sudah direncanakan  untuk ditindaklajuti," katanya.

Lebih lanjut Zaenal mengatakan, perlunya sinergitas antara Baznas dan lembaga lain baik pemerintahan maupun swasta. Untuk mengkaji sampai dimana signifikansi posisi Baznas dalam pengentasan kemiskinan dan an upaya yang akan dilakukan dimasa yang akan datang.

Lalu apa yang akan diakukan ketika terpilih, Zaenal mengatakan dirinya akan meningkatkan koordinasi dengan Pemprov Banten, karena posisi Gubernur Banten sendiri adalah pembina dua.

Selain itu, kata dia, ia juga akan melakukan pembenahan organisasi Baznas Provinsi Banten lebih efektif dan efesien dengan meningkatkan SDM yang ada lebih profesional.

Zaenal juga mengatakan dirinya akan berupaya untuk meningkatkan pengumpulan zakat, tidak hanya dari ASN dan masyarakat tapi juga terbentuknya UPZ - UPZ di perusahaan - perusahaan baik BUMN, BUMD dan swasta sehingga diharapkan dapat meningkatkan pengumpulan zakat.

"Selain itu, dalam hal pendistribusian, disamping berpedoman kepada asnaf yang telah ditentukan juga perlu adanya upaya peningkatan para mustahik untuk menjadi Muzakki lewat program pemberdayaan,'" terangnya.

Masih menurut Zaenal, semua itu bisa kita laksanakan manakala seluruh pimpinan Baznas Provinsi Banten ada keseriusan dan tertanamnya nilai integritas yang  tinggi untuk memajukan Baznas Provinsi Banten dan sudah barang tentu adanya izin dan ridho Allah SWT. (WCR)

No comments

Powered by Blogger.