Header Ads

Ngabdi Kemasyarakat, Dosen Universitas BSI Blusukan ke Kampung



BANTENPERSPEKTIF.COM | KOTA TANGSEL | Tim dosen Uviversitas Bina Sarana Informatika (BSI) Jakarta melaksanakan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan untuk ibu-ibu Posyandu Garuda 1 Pakulonan di RT 001/01, Pakulonan, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, kemarin (12/7/2020).

Rudianto, Ketua Pelaksana mengatakan pengabdian masyarakat kali ini tentang pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran, dilaksanakan bersama dengan anggota tim diantaranya Isroni, Dedi Supriadi, Nurhadi, Herayati, dan dibantu oleh dua mahasiswa.

“Kegiatan pengabdian masyarakat yang menjadi kewajiban para dosen harus tetap dilaksanakan meski dalam kondisi pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Isroni, Dosen yang menjadi instruktur pengabdian masyarakat menambahkan, peserta mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana cara menggunakan youtube sebagai media pembelajaran bagi anak-anak. Pelatihan selama setengah hari ini diisi dengan praktek diantaranya tutorial penggunaan youtube untuk mencari channel youtube yang berkonten pendidikan dan pembelajaran untuk sekolah.

“Banyak orang tua masih belum tahu cara memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran bagi anak, ini karena minimnya pengetahuan orang tua terhadap media youtube ini,” ujarnya.

Suhaeti, sebagai ketua Posyandu Garuda 1 dan juga peserta pelatihan mengungkapkan, pelatihan seperti ini (pemanfaatan Youtube) sangat bermanfaat, apalagi ketika anak-anak belajar di rumah tentu sangat membantu bagaimana cara mencari sumber-sumber informasi yang tepat.

“Semoga pengetahuan tentang pemanfaatan Youtube juga bisa diterapkan untuk ibu-ibu Posyandu,” ungkapnya.

Sebagai informasi, ada berbagai jenis pelayanan yang diberikan Posyandu Garuda 1 diantaranya adalah memberikan pelayanan berupa penimbangan balita setiap bulan untuk memantau perkembangan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Selain itu kegitan rutin lain yaitu pelayanan imunisasi BCG, DPT, Polio dan hepatitis B kemudian memberikan penyuluhan peningkatan gizi dan penanggulangan diare.

Penulis : Sucipto

No comments

Powered by Blogger.