Header Ads

Tips Percaya Diri Menulis

Doc/Foto:dudukpalingdepancom

Suatu ketika ada teman curhat begini. "Mas saya kok kalau menulis suka tidak percaya diri gitu, kenapa ya?" tanya dia ke saya. Ceritanya begini, dia mencoba beberapa kali menulis artikel dan lintasan fikirannya dia, namun dalam perjalannya saat menulisnya selesai ketika dibaca ulang hasilnya tidak sesuai dengan apa yang ia inginkan atau fikirkan.

Jadi terkadang fikirannya mau menulis ke kanan, tapi ketika tulisannya sudah jadi justru hasilnya ke kiri. Ha ha ha ha, kok bisa begitu ya? Menurutku sih wajar karena belum terbiasa. Menulis mirip kok seperti berenang, persis!

Sesering apapun Anda mengikut pelatihan, training mau dengan pembicara lokal, nasional maupun internasional tidak akan menjadikan Anda seorang penulis kalau tidak pernah mempraktikan, simple kan?

Nah, kembali kepersoalan teman saya itu. Jadi begini, tips untuk orang yang tidak terbiasa menulis, satu menulis, dua menulis dan tiga menulis ! Belajar saja terus dan saran saya tulisan Anda meskipun hasilnya tidak sesuai jangan dihapus, biarkan saja tersimpan.

Kalau Anda tidak percaya diri, simpan saja dulu digudang bagian belakang biar tidak terlihat. Nanti suatu saat kalau Anda sudah mahir menulis, tulisan Anda yang katanya beda jalur itu justru akan dicari sebagai kenangan menggelikan.

Kedua, minta saran kepada yang dianggap bisa membaca maksud dari tulisan Anda supaya diluruskan jalurnya. Memang menulis itu aktivitas penggabungan antara fikiran, hati dan jemari. Ketiganya harus satu frekuensi, kalau tidak yang seperti temen saya tadi pilih jalur masing - masing.

Tapi saya percaya kok, kalau menulis menjadi kebiasaan maka lama kelamaan Anda akan mampu menyatukan ketiga hal itu, fikiran, hati dan jemari. Percaya deh! Sebab hal itu pernah saya alami juga sebelum bisa menulis.

Tips Percaya Diri Menulis
1. Menulis, Menulis dan Menulis
2. Jangan Menyerah
3. Minta bantuan orang lain yang dianggap bisa untuk melihat hasil tulisan Anda
4. Terus belajar menulis

Semoga Anda tips singkat di atas bermanfaat dan bisa memotivasi Anda untuk menjadi seorang penulis. Aamiin.


No comments

Powered by Blogger.