Header Ads

Helldy - Sanuji Akan Tuntaskan Pengangguran di Kota Cilegon

Penulis | Catur Budiyanto | Editor | Karnoto



BANTENPERSPEKTIF.COM | PILKADA | Kang Sanuji Pentamarta calon Wakil Wali Kota Cilegon menyambangi belasan praktisi dan ahli proyek di Pantai Mabak, Kecamatan Merak Kamis (6/8/2020).

Dalam kesempatan itu, Kang Sanuji membahas dan membedah rencana Rumah Siap Kerja yang akan dibuat jika terpilih pada Pilkada Kota Cilegon 2020. Sanuji menegaskan bahwa dirinya akan melibatkan praktisi proyek profesional dalam membina pemuda Cilegon, sehingga  kemampuan skill kerjanya mereka bisa  diserap  di dunia industri dan jasa konstruksi.

Perkembangan dunia industri di Cilegon yang sudah usia 21 tahun ini namun pengangguran masih menghantui dan tidak ada langkah yang kongkri dari pemkot saat ini.

Menurut data walaupun berstatus sebagai kota industri namun ternyata angka pengangguran terus meningkat setiap tahunnya dan angka tersebut tertinggi ke-2 di Banten. Bahkan dari data yang ada di DinasTenaga Kerja (Disnaker) Kota Cilegon angka pengangguran meningkat hingga 9,68 persen perjanuari 2020 dan sebelumnya 9,33%.

Dalam kesempatan itu juga Kang Sanuji mengatakan, Kota Cilegon yang investasinya  banyak dan pabrik hingga 114 Industri besar, ratusan industri menengah dan kecil. Namun kurang menyentuh pemuda Cilegon  sehingga penganguran angkanya sekitar 20.000 lebih. Data tersebut dikutip dari  Badan Pusat Statistik (BPS).

Kang Sanuji membagi cerita yang didapatnya dari pengusaha yang dijumpainya kepada Ujang, salah  seorang praktisi proyek yang sudah pernah membuat banyak sarana dan prasarana seperti tambang emas, perak, batu bara, pabrik industri dan bangunan lepas pantai.

Yang masih aktif dI Mcconnell Dowell, salah satu perusahaan multi internasional asal Austrlia ini dan rekan  EX McConnell Dowell Bahwa yang Industri saat ini butuhkan adalah Welder, SCAFFOLDER, Fitter dan safety.

Dalam diskusi itu, Kang Sanuji berharap pihak industri mengutamakan pemuda Cilegon dan menjadi prioritas pertama. Dia pun menyinggung pendapatan anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Cilegon 2020 sebesar Rp 2,2 triliun, namun belum di kelola dengan baik.


Kang Sanuji yang berpasangan dengan Helldy Agustian pun memberikan solusi salah satunya adalah akan menyiapkan Rumah Siap Kerja, yang dapat mengunrangi pengangguran,.

Ujang pun memberi masukan bahwa harus disetiap kecamatan  pelatihan hal tersebut pun disanggupi Kang Sanuji. Bahkan diharapkan para praktisi seperti Ujang dan lainnya ikut membantu dalam proses  pelatihan termasuk konsep desain dalam membangun sarana dan prasarananya.

Ujang juga  menyarankan agar  dalam pembangunan ke depan harus melibatkan praktisi, karena bila tidak dikhawatirkan pembangunannya tidak bisa digunakan. Ujang juga mengatakan sangat yakin dengan pasangan Helldy - Sanuji dalam memimpin Cilegon akan mampu  menuntaskan pengganguran Kota Cilegon.


No comments

Powered by Blogger.