Header Ads

30 Dokter Dilibatkan untuk Memeriksa Kesehatan Calon Kepala Daerah di Tangsel


BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA TANGSEL - Ketiga bakal pasangan calon (Bapaslon) pemilihan kepala daerah Kota Tangerang Selatan (Pilkada Tangsel) melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Tangerang, pada  9 Desember 2020.

Dalam prosesnya, pihak RSUD Kabupaten Tangerang menerjunkan 30 tim dokter untuk memeriksa tiga pasangan bakal calon kepala daerah Tangsel tersebut.

"Total ada 30 dokter yang dilibatkan karena cukup lengkap pemeriksaan hari ini," kata Kepala RSUD Kabupaten Tangerang,Naniek Isnaeni.

Menurut Naniek, ada beberapa jenis pemeriksaan yang dilakukan, yakni meliputi kesehatan jasmani, psikologis, dan bebas narkotika. Sementara untuk psikologis, pihaknya menyertakan sembilan psikolog.

"Pemeriksaan jasmani kita lengkap dari mulai penyakit dalam, ortopedi, urologi, termasuk bedah secara umum, ada mata, telinga, THT, paru, jantung, hampir semua kita lengkap. Baik pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang," ujarnya.

Sebelum masuk untuk menjalani pemeriksaan kesehatan, ketiga pasangan tersebut foto  bersama dengan Komisioner KPUD Kota Tangerang Selatan.

Bambang Dwitoro, Ketua Komisioner KPUD Kota Tangsel mengatakan, ketiga pasangan akan menjalani test kesehatan sebagai syarat lolos menjadi pasangan calon pada Pilkada Tangsel 2020. Ketiga pasangan tersebut akan menjalani test kesehatan selama dua hari dari 8 September hingga 9 September 2020.

“Tes kesehatan bagi ketiga pasangan ini memakan waktu dua hari,” kata Bambang kepada wartawan di RSUD Kabupaten Tangerang.

Saat ditanya alasan test kesehatan digelar di RSUD Kabupaten Tangerang, Bambang menjelaskan, bahwa di Kota Tangsel tidak ada rumah sakit grade atau tipe A, sementara berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) pemeriksaan kesehatan Bapaslon harus dilakukan di rumah sakit tipe A.

“Di Kota Tangsel tidak ada Rumah sakit tipe A, hanya ada rumah sakit tipe B. Akhirnya, kami pilih rumah sakit terdekat yang bertipe A, yakni RSUD Kabupaten Tangerang,” katanya.

Bambang menambahkan, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada tim medis RSUD Kabupaten Tangerang terkait prosedur pemeriksaan kesehatan ketiga pasangan tersebut. Namun demikian, pihaknya tetap akan berkoordinasi terkait hasil pemeriksaaan.

“Kami hanya menerima hasil dari tim medis RSUD Kabupaten Tangerang, terkait prosedur pemeriksaan sepenuhnya oleh tim medis RSUD kabupaten Tangerang,” pungkasnya.

Seperti diketahui,  Pilkada Kota Tangsel akan diikuti tiga pasangan yang sudah mendaftar. Ketiga pasangantersebut adalah Muhamad  berpasangan dengan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, Siti Nur Azizah berpasangan dengan Ruhamaben dan Benyamin Davnie dengan Pilar Saga Ichsan.

Penulis : Ayatullah Chumaini
Editor : Karnoto

No comments

Powered by Blogger.