PerspektifTV

Header Ads

Donggala Sulawesi Tengah Diguncang Gempa 3,4 SR

 

BANTENPERSPEKTIF.COM, SULAWESI - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) Palu menginformasikan bahwa telah terjadi gempa tektonik dengan kekuatan 3,4 SR di Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah pada Rabu (30/09/2020).

Gempa tersebut terjadi pada pukul 01.33 WITA dengan pusat gempat terletak pada koordinat  0.82 LS - 119.59 BT atau tepatnya berlokasi di Selat Makassar, 6 KM arah utara Watatu (Kab. Donggala), Provinsi Sulawesi Tengah pada kedalaman 8 KM.

BMKG Palu menjelaskan bahwa gempabumi ini termasuk dalam klasifikasi gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempabumi ini dirasakan di Donggala dan Palu II-III MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. 

Untuk itu BMKG menghimbau kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

BMKG juga meminta masyarakat agar mencari informasi yang pasti yaitu di BMKG  yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi, diantaranya (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (www.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg).

Informasi ini sendiri dipublikasikan oleh kanal instagram infobmkg pada 30 September 2020 ataasnama Kepala Stasiun Geofisika Palu Cahyo Nugroho. 

Sumber :
Press Release BMKG Palu

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.