Header Ads

Head to Head, Putera Mantan Bupati Serang VS Adik Kandung Mantan Gubernur Banten



BANTENPERSPEKTIF.COM, PILKADA - Hari ini (Minggu, 06 Septermber 2020) pasangan Nasrul Ulum - Eki Baehaqi deklarasi dan mendaftarkan diri sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Serang pada Pilkada Kabupaten Serang 2020 ke kantor KPUD Kabupaten Serang.

Eki Baehaqi yang tak lain adalah putera mantan Bupati Serang Ahmad Taufik Nuriman akan berhadapan head to head dengan Ratu Tatu Chasanah yang tak lain adalah adik kandung mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah.

Eki hanya didukung dua partai yaitu Partai Demokrat dan Gerindra sedangkan Ratu Tatu Chasanah yang berpasangan dengan Pandji Tirtayasa memiliki modal besar yaitu 10 partai politik, diantaranya Golkar, PKS, PAN, PDIP, PKB, Hanura, PBB, PPP dan Partai Berkarya.

Hubungan Taufik Nuriman (Ayah Eki) dengan keluarga Ratu Atut Chosiyah memang panas dingin. Taufik Nuriman sempat bersiteru dengan ayah Tatu Chasanah yaitu Almarhum TB Chasan Sochib beberapa tahun silam.

Namun hubungan keluarga ini membaik ketika Pilkada Kabupaten Serang 2011, dimana Taufik Nuriman maju berdampingan dengan Ratu Tatu Chasanah (Bupati Serang sekarang). Saat itu, Taufik Nuriman mencalonkan sebagai calon Bupati Serang sedangkan Tatu Chasanah menjadi calon Wakil Bupati Serang.

Keduanya lalu terpilih dengan perolehan suara mutlak dan dilantik secara resmi pasangan Taufik Nuriman - Tatu Chasanah. Keduanya pun menjadi kepala daerah meski sebelumnya hubungan kedua keluarga ini dalam politik memanas.

Lima tahun dalam pendopo Bupati Serang keduanya bisa lolos hingga akhir masa jabatan 2015 tanpa konflik yang mencuat ke publik. Di tahun berikutnya, Taufik Nuriman harus rela untuk tidak ikut andil dalam Pilkada Kabupaten Serang karena sudah dua kali periode sedangkan puteranya yaitu Eki Baehaqi ketika itu dinilai belum cukup usia.

Ratu Tatu Chasanah pun kembali maju pada Pilkada Kabupaten Serang berikutnya berpasangan dengan mantan birokrat Pemerintah Kabupaten Serang yaitu Pandji Tirtayasa. Bahkan Taufik Nuriman pun memberikan restu kepada keduanya. Keduanya pun menang dan Ratu Tatu Chasanah ditetapkan menjadi Bupati Serang untuk periode pertama.

Hingga masa pemerintahan TatuPandji berakhir relatif hubungan Taufik Nuriman dan Tatu Chasanah berjalan baik meskipun sempat beberapa kali memanas, diantaranya perihal kasus mutasi jabatan yang dilakukan oleh Tatu Chasanah.

Ketika itu Taufik Nuriman yang baru beberapa bulan lengser dari jabatan Bupati Serang menilai kebijakan Tatu Chasanah tidak proporsional. Komentar Taufik Nuriman sempat ramai menghiasi media meski Tatu sendiri terlihat cuek.

Dan ditahun 2019 hubungan Taufik Nuriman dengan Tatu Chasanah kembali memanas. Kali ini Taufik Nuriman benar - benar marah besar terkait perjanjian yang pernah ditandatangani antara pihak pasangan TatuPandji dengan Taufik Nuriman.

Pernjanjian tersebut disepakati ketika TatuPanji mencalonkan diri sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Serang periode pertama. Dalam perjanjian tersebut salah satu pointernya adalah Pandji hanya akan mencalonkan sebagai pendamping Tatu Chasanah satu kali, sedangkan pada peridoe kedua  Eki Baehaqi yang akan menggantikan posisi Pandji Tirtayasa sebagai calon Wakil Bupati Serang mendampingi Tatu Chasanah.

Dalam perjalanan, Taufik merasa dikhianati dengan perjanjian tersebut karena akhirnya Tatu Chasanah kembali menjadikan Pandji Tirtayasa sebagai calon Wakil Bupati Serang pada Pilkada Kabupaten Serang 2020 bukan Eki Baehaqi.

Taufik Nuriman pun beberapa kali menyampaikan kekecewaan tersebut kepada media. Pada bagian lain Ratu Tatu Chasanah dalam beberapa kali kesempatan mengatakan bahwa pemilihan pendampingnya dalam Pilkada Kabupaten Serang 2020 merupakan kesepakatan bersama dengan partai pengusung dan didasarkan pada dinamika politik.

Karena kecewa, Taufik Nuriman pun membuat kubu sendiri dengan tetap menjadikan puteranya yaitu Eki Baehaqi maju pada Pilkada Kabupaten Serang 2020 berpasangan dengan Nasrul Ulum, politisi yang pernah menjadi anak buah Tatu Chasanah di Partai Golkar.

Pasangan UlumEki diusung dua partai yaitu Partai Demokrat dan Gerindra. Apakah pasangan ini mampu membalaskan kekecewaan Taufik Nuriman kepada Tatu Chasanah? Hasilnya baru akan diketahui nanti setelah penghitungan selesai. Kini keduanya sedang beradu strategi untuk mendapatkan suara terbanyak sehingga terpilih pada Pilkada Kabupaten Serang 2020. (DBS)


No comments

Powered by Blogger.