Header Ads

Perjalanan Berliku Helldy Menuju Kursi Walikota Cilegon



BANTENPERSPEKTIF.COM, PILKADA -Perjalanan Helldy Agustian menuju kursi Walikota Cilegon cukup berliku, dramatis dan menguras emosi para relawan serta menjadi sorotan publik. Berikut ini perjalanan Helldy Agustian yang akhirnya bisa mendaftarkan diri ke KPUD Cilegon bersama pasanganya Sanuji Pentamarta.

Kamis, 4 Juni 2020 Terima SK dari DPP PKS
Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta menerima surat keputusan DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang merekomendasikan pasangan HelldySanuji maju pada Pilkada Kota Cilegon 2020. Penyerahan SK dilakukan di Markas Dakwah DPP PKS, Jakarta oleh Ketua Wilayah Dakwah Banten Jawa Barat PKS yaitu Ahmad Syaikhu.

Kamis, 9 Juli 2020 Terima SK dari DPP Berkarya saat masih dipimpin Tommy Soeharto
Pasca menerima SK dari DPP PKS, SK berikutnya diterima pasangan HelldySauni dari Ketua Umum Partai Berkarya saat masih dipimpin Hutomo Mandala Putra.  Penyerahan SK dilakukan  di Gedung Granadi, Jakarta.

4 Agustus 2020, SK KemenkumHAM tentang Pergantian Kepemimpinan Keluar
Pada bulan ini diisukan tidak bisa maju sebagai calon kepala daerah karena ada pergantian kepemimpinan ditingkat DPP Partai Berkarya, yaitu dari Tommi Soeharto ke Muhcdi PR.

5 Agustus 2020, Muncul Isu Pemecatan Helldy Agustian
Pada tanggal ini muncul isu bahwa Helldy Agustian Pltkan dari jabatannya sebagai Ketua Partai Berkarya Provinsi Banten. Helldy Agustian tetap tenang dan berusaha keras mencari keluar.

7 Agustus - 15 Agustus 2020; HelldySanuji Belum Dapat Kepastian
Isu soal pencaloan Helldy masih menjadi sorotan publik. Isu merebak kemana - mana. Dan selama dua pekan itu Helldy menjadi calon yang paling mendapatkan sorotan media

16 Agustus 2020 Mulai Ada Titik Terang
Setelah berhari hari dan berminggu - minggu digoyang dengan sejumlah isu, pada pekan kedua Helldy mulai mendapatkan titik terang soal pencaloannya.

17 Agustus 2020, Helldy Kembali Menjadi Ketua DPW Partai Berkarya Banten
Mungkin ini momentum paling melegakan Helldy Agustian, karena Plt DPW dan turunanannya di anulir. Spekulasi publik bahwa Helldy tidak bisa maju pada Pilkada Cilegon akhirnya terbantahkan setelah pada 17 Agustus Plt.DPW Berkarya Banten dan turunanya dianulir dan posisi Ketua DPW Berkarya Banten dikembalikan kepada Helldy Agustian.

19 Agustus 2020
Ketua Umum Partai Berkarya Muchdi PR menyerahkan SK nomor : SK-005/PILKADA/DPP-BERKARYA/VIII/2020 tertanggal 18 Agustus ,tertulis nama Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta di serahkan kepada Helldy Agustian di kantor DPP Partai Berkarya, Jakarta, Rabu 19 Agustus 2020 sekitar pukul 15.00 WIB. Pada SK ini, Helldy tetap berpasangan dengan Sanuji Pentamarta sebagai Bakal Calon Wakil Wali Kota Cilegon dari PKS.

2 September 2020
DPC PDI Perjuangan Kota Cilegon menggelar konferensi pers di sekretariat DPC PDI Perjuangan Kota Cilegon di Jl Stasiun Jombangkali, Cilegon. Dalam konferensi pers tersebut disebutkan bahwa DPC PDI Perjuangan Cilegon telah menerima rekomendasi dari DPP PDIP yang mencalonkan pasangan Helldy dengan Reno Yanuar, politis PDI Perjuangan Cilegon.

5 September 2020
Pasangan HelldySanuji mendafktarkan diri ke KPUD Kota Cilegon sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Cilegon. Proses penyerahan berkas pun lancar dan memenuhi persyaratan sebagaiman diatur dalam undang - undang.


Dari tiga pasangan yang ada di Kota Cilegon hanya pasangan HelldySanuji yang paling disorot publik, terutama pada awal Agustus hingga beberapa hari menjelang mendaftar ke KPUD Cilegon. Terkait pinangan dari PDI Perjuangan, Helldy sendiri berulangkali menyampaikan terima kasihnya.

Khusus terkait dengan PDIP, Helldy menuturkan bahwa proses dirinya berpasangan dengan Sanuji Pentarmarta (Politisi PKS) tidak ujug - ujug, melainkan melalui proses panjang dan sampai akhirnya bisa mendaftarkan diri ke KPUD Cilegon pada Sabtu 5 September 2020.

Terkait dirinya yang dipasangkan dengan Reno, Helldy mengatakan itu datang diujung pada saat menjelang pendaftaran ke KPUD Cilegon. "Ya saya ucapkan terima kasih untuk Pak Reno dan teman - teman PDIP dengan segala hormat saya tetap menghargai PDI Perjuangan, namun akhirnya tetap berpasangan dengan Sanuji, karena SK Beringin Karya tercantum nama Helldy Agustian dan Sanuji Pentamarta.” kata Helldy.

Nasib Reno Yanuar
Gagalnya Reno berpasangan dengan Helldy bukanlah peristiwa kali pertama, sebelumnya pada pertengahan Juli,  Reno juga sempat akan dipasangkan dengan calon dari Partai Amanat Nasional yaitu Iye Rohiman. Namun diperjalanan justru PAN memilih calon dari partai lain dan Reno pun gagal berpasangan dengan Iye.

Gagal maju bersama politisi PAN, Reno pun mencoba mencari pendamping lain, salah satunya adalah Helldy Agustian. Namun sayang, Reno datang diujung menjelang pendaftaran ke KPUD Kota Cilegon sedangkan DPP Partai Beringin Karya tetap masih memberikan restu kepada  Helldy Sanuji untuk maju pilkada, bukan dengan yang lain.

Pada bagian lain, Golkar sendiri telah memastikan calonnya yaitu Ati Marliati untuk maju berpasangan dengan politisi Partai Gerindra Sokhidin. Sampai diujung pendaftaran Reno pun tidak mendapatkan pendamping. (DBS)

No comments

Powered by Blogger.