PerspektifTV

Header Ads

Hut Banten Ke-20 Dimata Wakil Ketua DPRD Cilegon

 





BANTENPERSPEKTIF.COM, PARLEMEN - Propinsi Banten hari ini (Minggu, 4 Oktober 2020) genap berusia 20 tahun. Memasuki usia kematangan dan kedewasaan. Propinsi dengan 8 kota dan Kabupaten yang saling bersinergi dengan segala karakter yang melekat. 

Banten identik dengan jawara, juga debus dan budaya serta kesenian yang mencerminkan keberanian dari masyarakatnya. Sebagai warga Kota Cilegon yang merupakan bagian dari Propinsi Banten, saya pun bangga dengan kearifan lokal yang mendominasi Banten pada umumnya. 

Karena tidak hanya jawara dan debusnya yang terkenal saja bahwa Banten juga sangat identik dengan banyaknya pesantren salafiyah yang tersebar hampir di setiap kota dan kabupaten yang tergabung dalam Propinsi Banten. 

Banten yang religius telah  menjadi sejarah, hal ini bisa kita telusuri dari perjalanan Kesultanan Kerajaan Banten. Nilai-nilai agama menjadi dasar dalam pengambilan keputusan kesultanan. 

Sejatinya, masyarakat yang religi tetap menjadi simbol dan ikon masyarakat Banten. Keteguhan pada nilai adat istiadat yang melekat berbalut dengan nilai - nilai agama dijadikan sebagai dasar kehidupan bermasyarakat. 

Usia 20 tahun hari ini, membutuhkan semangat besar dan komitmen yang tinggi dari seluruh pemangku kepentingan di Banten untuk menghadirkan sebuah perubahan yang mendasar dalam tata kelola pemerintahan agar tercipta Good Governance ( tata kelola pemerintahan yang baik). 

Perlu sinergi yang maksimal dari seluruh bagian termasuk masyarakat Banten sendiri untuk bisa menghadirkan sebuah perubahan yang nyata secara langsung dalam peningkatan kualitas kehidupan masyarakat. 

Pemerintah  Propinsi Banten harus merencanakan pembangunan dengan berorientasi yang utama adalah peningkatan Indeks Pembangunan Manusia ( IPM ) di Propinsi Banten. 

Bagaimana alokasi anggaran harus mencerminkan postur yang sangat berpihak kepada pendidikan, kesehatan dan program serta kegiatan yang dapat mendorong daya beli masyarakat secara signifikan. Upaya menurunkan tingkat pengangguran terbuka dan pengentasan kemiskinan  menjadi prioritas dalam agenda pembangunan. 

Perlu dukungan dari semua pihak dengan  tingkat partisipasi masyarakat yang aktif dalam kegiatan pembangunan di Propinsi Banten. Mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh pemimpin Banten baik yang saat ini maupun masa sebelumnya. Perlu sinergi tanpa batas untuk menghadirkan Banten yang Maju dan sejahtera.Tugas kita bersama untuk merealisasikannya.

Nurrotul Uyun
Wakil Ketua DPRD Kota Cilegon

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.