PerspektifTV

Header Ads

Mengenal 4 Kopi Lokal Indonesia yang Mendunia

 

Foto/idntime

BANTENPERSPEKTIF.COM, GAYA HIDUP - Indonesia bukan hanya kaya akan budaya dan bahasa, tetapi juga memiliki keragaman jenis kopi. Paling tidak ada tujuh jenis kopi lokal asli Indonesia dan sudah mendunia. Berikut ini ketujuh kopi tersebut.

Pertama, Kopi Arabika Gayo Sumatera.


Kopi ini ini berasal dari Aceh dengan teksture lebih encer atau tidak terlalu pekat dengan tingkat keasaman yang seimbang. Jenis kopi ini cocok bagi Anda yang bukan penikmat kopi asam.

Uniknya, masyarakat Aceh memiliki cara penyajian yang khas dan masih tradisional. Jadi bukan diseduh melainkan kopi dan air direbus dalam panci sampai mendidih setelah itu dituangkan ke dalam gelas atau cangkir yang berisi susu dan gula.

Kedua, Kopi Arabica Toraja


Jepang dan Amerika Serikat adalah dua negara yang menjadi tujuan ekspor jenis kopi ini karena kopi ini memiliki karakter yang dinilai unik dan sesuai dengan kebiasaan minum kopi di dua negara tersebut.

Rasa pahit pada kopi ini hanya mirip sensasi karena hanya ada diawal dan hilang dalam sekali teguk. Kopi yang tumbuh di Sulawesi ini memiliki rasa earthy, seperti rasa tanah atau hutan dengan kandungan rendah.

Ketiga, Kopi Robusta Temanggung


Kopi ini menjadi primadona warga di Eropa, Timur Tengah dan Amerika Latin karena memiliki aroma yang unik, yaitu aroma tembakau dengan rasa pahit pekat yang mendominasi. Keunikan inilah yang membuat Robusta Temanggung, Jawa Tengah ini banyak disukai.

Keempat, Kopi Arabika Java Ijen Raung


Tahun 2011 lalu merupakan tahun kali pertama jenis kopi ini diekspor ke luar negeri sebanyak satu kontainer. Popularitasnya semakin menggila ditahun 2016 hingga mampu mengekspor 43 kontainer atau setera dengan 858, 91 ton kopi. 

Rasanya khas kopi khas Bondowoso, Jawa Timur karena sedikit pedas dengan aroma bunga hutan. Tingkat keasamannya pun sedang dan cenderung didominasi rasa asam Jawa ketimbang citrus.

Bagaimana Anda tertarik untuk menikmati semua jenis kopi lokal Indonesia tersebut? Selain bisa menikmati sensasi rasa kopi dengan kekhasan masing - masing juga menjadi kebanggan Indonesia. (DBS)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.