Header Ads

Jamaah Haul Syekh Abdul Qodir Al Jaelani Dibatasi


BANTENPERSPEKTIF.COM, KAB.TANGERANG - Haul Tuan Syekh Abdul Qodir Al -Jaelani di Pondok Pesantren Al Istiqlaliyah Cilongok, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Haul yang biasa dihadiri oleh ribuan jamaah dari berbagai daerah, baik itu Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan yang lainnya, tahun ini terpaksa jumlah jamaah dibatasi.

Pondok Pesantren Al Istiqlaliyah sendiri diasuh oleh Kiyai H. Uci Turtusi. Pembatasan jamaah yang hadir saat haul nanti (29/11/2020) disampaikan oleh sekretaris panitia haul, Agung Permana.

“Haul akbar yang semula mengundang jamaah untuk hadir, meralat agar semua jamaah tidak hadir ke pondok pesantren Al Istiqlaliah di Cilongok, Desa Sukamantri, Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang,” ucap Agung pada video klarifikasi pembatasan jamaah.

Menurutnya, kehadiran jamaah yang akan menimbulkan jamaah serta pelanggaran protokol kesehatan akan membahayakan kesehatan para jamaah, mengingat Indonesia saat ini masih dilanda pandemi Covid-19.

“Hal ini dilakukan mengingat masa pandemi virus Covid-19 yang masih sangat berbahaya bagi kesehatan jamaah semua bila datang ke lokasi acara dan berkumpul seperti tahun-tahun sebelumnya,” jelas Agung.

Hal itu diperjelas dengan pembubaran panitia haul yang sebelumnya sudah dibentuk. “Dan juga kami sampaikan bahwa panitia kegiatan haul akbar pada tanggal 20 November 2020 akan dibubarkan,” tuturnya.

Namun, pembatasan jamaah ini bukan berarti kegiatan haul ditiadakan. Agung menjelaskan bahwa kegiatan haul akan tetap dilaksanakan, akan tetapi jamaah cukup mengikutinya dirumah.

“Kegiatan haul akan disiarkan secara langsung di TV Banten, Live Streaming YouTube pada hari Minggu 29 November 2020, pukul 07.00 sampai 10.00 WIB,” kata dia. Terlihat pula baliho besar yang berisi himbauan kepada para jamaah agar tidak hadir pada kegiatan haul akbar nanti.

Reporter :Ayatullah Chumaini

Diberdayakan oleh Blogger.