Header Ads

Politisi Gerindra Banten Ini Mengajak Warga Menjaga Pancasila


BANTENPERSPEKTIF.COM, PARLEMEN - Anggota DPRD Provinsi Banten Sopwan meminta warga untuk senantiasa menjaga pancasila, karena pancasila adalah hasil fikiran para pendahulu bangsa yang berasal dari berbagai elemen.

"Kita ini sekarang seperti mau digiring untuk menghilangkan ruh pancasila, ini jangan sampai kita terjebak. Untuk itu rawatlah pancasila bersama - sama agar senantias menjadi pegangan bangsa Indonesia," kata Sopwan di depan ratusan warga yang hadir pada acara sosialisasi  Raperda dan 4 pilar kebangsaan di area garden Sopwan, Kelurahan Banjar Agung, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang pada Rabu 17 Maret 2021.

Dikatakan Ketua Badan Kehormatan DPRD Banten ini, ruh pancasila saat ini sedang digesar - geser oleh pihak - pihak tertentu. Indikasi itu jelas terlihat dari munculnya konflik sosial yang terjadi akhir - akhir ini dan itu harus menjadi kesadaran kolektif masyarakat.

"Pancasila itu bukan main - main, itu falsafah bangsa yang kuat karena mencakup semua aspek kehidupan termasuk aspek hubungan antar umar beragama. Nah, sekarang kita seperti sedang dikomporin untuk memusuhi umat beragama lain dan ini tidak boleh terjadi," terang Sopwan.

Masih menurut Sopwan, adanya teknologi informasi menambah upaya menggerus nilai - nilai pancasila menjadi semakin masif. Untuk itu masyarakat diharapkan tidak mengikuti arus yang justru akan menjauhkan bangsa dari pancasila.

"Demokrasi yang sedang berjalan juga mesti dievalusi karena justru lebih banyak membuat masyarakat terbelah. Padahal pancasila sudah mengajarkan dalam sila keempat, yaitu kerayakatan yang dipimpin oleh hikmah dan kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan," kata Sopwan.

Hadir dalam acara tersebut narasumber lainya, yaitu Karnoto, praktisi media dari BantenPerspektif yang mengatakan bahwa kehadiran anggota parlemen untuk memberikan arahan dan konten agar masyarakat tersadarkan soal nilai - nilai pancasila menjadi strategis.

"Mereka (anggota parlemen) memiliki jejaring yang luas dan menjadi kelompok rujukan sehingga sangat strategis untuk mengingatkan soal nilai - nilai pancasilan dan ancaman terhadap pancasila," kata mantan jurnalis Radar Banten ini. (dbs/kar)


Diberdayakan oleh Blogger.