Header Ads

Dosen Universitas BSI Latih Warga Bikin Dasboard


BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA TANGSEL - Tim dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta melaksanakan pengabdian masyarakat berupa cara pembuatan dashboard kependudukan di lingkungan RW 01, Buaran Indah, Kota Tangerang, kemarin (03/04).

Kepala Kampus UBSI Tangerang, Hardian mengatakan pengabdian masyarakat kali ini tentang cara pembuatan dashboard kependudukan, dilaksanakan bersama dengan anggota tim diantaranya Isroni, Dedi Supriadi, Nurhadi, Herayati, dan dibantu oleh dua mahasiswa.

“Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan menyesuaikan proses pembelajaran di kampus yaitu dengan metode online atau daring,” katanya.

Rudianto, Ketua Pelaksana pengabdian masyarakat menambahkan, peserta adalah pengurus RW dan RT di wilayah RW 01 mendapatkan pembelajaran tentang bagaimana cara pembuatan dasboard kependudukan. Pelatihan selama setengah hari ini diisi dengan praktek pembuatan dasbord dengan menggunakan program micosoft excel.

“Data kependudukan dan kegiatan warga sebaiknya terdokumentasi dengan baik, agar menjadi informasi yang menarik dan mudah di pahami maka ditampilan dalam data visual, pembuatan dasbord adalah salah satu metodeya,” jelasnya.

Djunaedi, sebagai ketua RW 01 dan juga peserta pelatihan mengungkapkan, pelatihan seperti ini (pembuatan dasbord) sangat bermanfaat, sangat membantu pengurus dalam pembuatan laporan dan informasi kepada warga.

“Semoga setelah pelatihan ini pengurus RW dan RT di lingkungan RW 01 bisa menerapkan cara pembuatan dasbord sehingga informasi kependudukan dan kegiatan tersampaikan kepada warga dengan lebih menarik,” ungkapnya.

Sebagai informasi, wilayah RW 01 RW 01 beralamat di Jalan Pengayoman Utara Raya, Kelurahan Buaran Indah, Kota Tangerang terdiri atas 5 RT memiliki visi Membangun masyarakat  yang ramah,sopan, aktif dan berilmu. Dari visi itu dijabarkan dalam misi lingkungan yaitu Pertama, mengenalkan warga dengan warga sekitar. Kedua, Meningkatkan pengetahuan umum masyarakat dan memanfaatkan informasi secara cepat dan tepat.

Ketiga, tertib administrasi untuk memelihara keamanan dan kenyamanan dalam masyarakat. Keempat, Meningkatkan kemampuan Ilmu masyarakat RT denagn IPTEK dan IRTAK melalui program-program yang di sesuaikan kelurahan. (cip/kar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.