Header Ads

Ka'bah, Kawasan Terlarang untuk Lintasan Pesawat Terbang


BANTENPERSPEKTIF.COM, ARAB SAUDI - Salah satu lokasi yang tidak boleh dilintasi pesawat terbang adalah Ka'bah di Mekkah, Arab Saudi. Anda yang sempat menginjakkan kaki di Tanah Suci mungkin bertanya-tanya, kenapa tidak ada pesawat yang mengudara di atas Kakbah. Pemerintah Arab Saudi ternyata melarang ada pesawat terbang melintasi Mekkah.

Tempat yang tidak boleh dilewati pesawat terbang ini dikenal dengan istilah no-fly zone atau zona larangan terbang. Dan salah satunya adalah Kawasan Ka'bah. Dilansir dari The Islamic Information, sebuah teori menunjukan bahwa ada gelombang magnet besar yang terpancar di atas Ka'bah sehingga kalau dilewati pesawat terbang maka sistem navigasi pesawat akan kacau dan ini membahayakan.

Teori ini memang masih menjadi debatable karena ada yang mengatakan bahwa dilarangnya pesawat terbang melintas di kawasan Ka'bah lebih kepada regulasi karena nantinya dikhawatirkan akan mengganggu jamaah.

Namun yang pasti posisi Ka'bah memang berada di tengah - tengah  kutub selatan dan kutub utara yang menjadi pusat bumi sehingga membuat kekuatan magnet di Kawasan Ka'bah sangat kuat dan membahayakan bagi penerbangan. (dbs/kar)

Diberdayakan oleh Blogger.