Header Ads

Pasar Sekarang Segmentatif



Kalau kita jeli mengamati pasar saat ini maka akan ditemukan kalau mereka menjadi pasar segmentatif dan terjadi secara alamiah. Makanya brand - brand ternama membuat varian baru dengan segmentasi khusus.

Produk shampo misalnya,  mereka memunculkan varian baru yaitu shampo khusus muslimah berhijab, makanya ada rejoice hijab, sunsilk hijab dan lain lainnya.

Pada produk jasa keuangan pun sama, mereka membuat varian baru yaitu bank syariah. Begitupun media, ada media news, hiburan dan lainnya. Bahkan informasi terkahir media Kompas sedang menggarap situs khusus Islam.

Bahkan produk yang sudah mentarget pasar muslim pun membuat varian baru yang lebih khusus, Rabbani memunculkan hijab anak sekolah, Wardah apalagi banyak banget dia variannya, ada yang khusus untuk makeup malam hari, makeup kulit dan lain sebagainya.

Makanya tidak perlu khawatir akan kehilngan pasar kalau bisa membaca mereka secara jeli. Filosofi bisnis itu kan mencarikan jalan keluar terhadap apa yang pasar inginkan.

Dan paling penting kata Reza M Syarief bisnis itu aktivitas yang menyenangkan. Jadi kalau ada orang bisnis lalu dibuat pusing, tertekan dan sampai lupa dengan keluarga dan ibadah berarti ada yang salah menempatkan bisnis, itu kata Reza, Anda mau pakai aliran Reza atau aliran pengusaha lain monggo.!

Balik lagi soal pasar tersegementasi. Oleh karena pasar sekarang tersegmentasi secara alamiah maka cara komunikasi pemasarannya pun juga harus bisa adaptasi.

Tidak bisa lagi Marcomm nya main pukul rata. Kalau cara ini yang dipakai sama artinya habiskan peluru tapi ga jelas karena tidak ada koneksitas antara produk dengan target yang dibidik.

Dan ternyata ini berlaku bukan hanya produk komersial, melainkan lembaga sosial. Makanya lembaga sosial yang marcommnya jalan pasti tahu soal ini. Bahkan partai politik pun sekarang mengarah kesana. Mereka membangun brand parpol yang bermacam macam.

Ada parpol yang dibranding sebagai partai anak muda, parpol Islam, nasionalis. Strategi marcommnya memang butuh analisis yang tajam karena perubahan demografis dan psikografisnya sangat cepat akibat ada pemicu yang memksa perubahan cepat itu, salah satunya teknologi informasi.

Penulis | Karnoto
Founder Maharti Brand


Diberdayakan oleh Blogger.