Header Ads

Sejarah Toilet Dunia dan Indonesia


BANTENPERSPEKTIF.COM, SEJARAH - Beberapa waktu lalu Menteri Industri Kreatif dan Pariwisata Sandiaga Uno membentuk Satuan Tugas (Satgas) Toilet Indonesia. Satgas ini memiliki tugas khusus untuk membenahi persoalan toilet di objek wisata. Dan beberapa hari lalu Duta Satgas Toilet Indonesia Lady Marcela telah berkunjung ke Banten ditemui Wakil Gubernur Banten Wahidin Halim.

Satgas Toilet Indooneia mungkin bagi sebagian masyarakat Indonesia terdengar aneh, apalagi urusan toilet sebuah fasilitas yang selama ini sering diabaikan kebersihannya termasuk di destinasi wisata. 

Sebenarnya sejarah toilet sendiri cukup penjang di dunia. Menurut informasi di wikipedia, toilet di dunia bermula dari parit-parit di Mohenjodaro dan kloset peradaban Romawi kuno dianggap sebagai model kloset pertama di dunia. 

Kemudian di London, karena padatnya penduduk maka banyak orang yang tinggal di rumah susun. Oleh karena itu mereka buang air besar dan buang air kecil menggunakan pispot. Isi pispot kemudian dibuang ke parit atau karena repot harus naik turun tangga untuk membuang kotoran, mereka akhirnya membuang isi pispot lewat jendela. 

Lingkungan yang kotor tersebut menyebabkan mereka terserang wabah penyakit. Pada tahun 1731, di London,Inggris dibuatlah undang-undang yang isinya "Barang siapa membuang tinja dari jendela, harus membayar denda.

Namun undang-undang tersebut tetap tidak dapat mengubah kebiasaan mereka. Pada tahun 1596, Sir John Harington menemukan kloset bilas. Kloset ini telah menggunakan bejana penampung tinja dan tangki air untuk menyiram, tetapi jenis kloset ini masih menimbulkan masalah bau tak sedap.

Pada tahun 1775, Alexander Cummings menemukan kloset bilas tak berbau yang disebut Valve Closet. Rahasianya adalah dengan menggunakan saluran pembuangan leher angsa atau mirip huruf S. Bentuk ini membuat air menggenang di leher angsa tersebut, dan menghalangi keluarnya bau kotoran. Kemudian tahun 1889, Bostell membuat kloset bilas yang disebut Wash Down dan mirip seperti yang ada sekarang.

Sementara di Indonesia sendiri menurut literatur toilet mulai dikenalkan pada akhir abad ke-19, ketika itu masih pada kekuasaan Hidnia Belanda. Saat itu mereka pusing menanggulangi penyakit kolera, pemerintah Hindia Belanda (barangkali) memperkenalkan WC jongkok yang higienis kepada masyarakat pribumi. WC yang sederhana namun efisien untuk pribumi. 

Dalam perkembangannya model toilet di Indonesia semakin bermacam - macam, ada yang dinamakan toilet rumah, toilet umum. Belum lagi soal modelnya, dintaranya toilet jongkok, toilet duduk dan lain sebagainya. (dbs/kar)

Diberdayakan oleh Blogger.