Header Ads

Soal Tradisi Munggahan, Begini Kata Sekda Kabupaten Serang


BANTENPERSPEKTIF.COM, KAB.SERANG - Setiap daerah memiliki kekhasannya masing - masing untuk menyambut Ramadhan, salah satunya adalah di Banten dimana ada kebiasaan acara munggahan yang telah ada sejak zaman dulu. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Serang Entus Mahmud punya pandangan perihal tradisi ini. Menurutnya, munggahan bukan sekadar "bancakan" atau makan bareng menjelang bulan suci Ramadhan, tapi lebih dari itu ada nilai yang terpelihara dan terjaga yaitu nilai kekeluargaan dan kebersamaan.

"Setelah buka masker untuk makan bareng, kami buka masker sejenak untuk difoto bareng,"  tulis Emtus di akun sosial media facebook pribadinya bersamaan dengan tulisan makna munggahan menurutnya.

Alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) ini pun berkelakar bahwa ada salah satu orang dal foto tersebut yang terlihat paling  banyak makannya.

"Dari penampakan terlihat yang paling banyak makannya diantara kami pasti yang pakai kaos putih dijajaran depan," candanya.

Munggahan merupakan salah satu kebiasaan masyarakat di Banten yang dilakukan menjelang Ramadhan. Kebiasaan ini merupakam kumpul bersama keluarga ataupun para sahabat dengan menikmati hidangan. (rls/kar)


SETUJU..?

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.