Header Ads

Efek Larangan Mudik, Banten Siaga Wisata

doc/foto:internet

BANTENPERSPEKTIF.COM, KEBIJAKAN - Banten dalam posisi Siaga Wisata sebagai akibat pelarangan mudik oleh pemerintah pusat. Sebab mereka yang tidak mudik diperkirakan akan memenuhi sejumlah objek wisata yang tersebar di Banten.

Kunjungan ke wisata sendiri diizinkan meski dengan mewajibkan protokol kesehatan. Gubernur Banten Wahidin Halim sendiri pernah mengutarakan bahwa kebijakan mengizinkan objek wisata buka menjadi dilematis.

Praktik di lapangannya, kata WH, akan sangat menyulitkan pemerintah daerah mengingat jumlah objek wisata di Banten cukup banyak dan akan didatangi oleh wisatawan, bukan saja warga Banten melainkan warga di dari luar Banten.

Gubernu Banten sendiri telah mengedarkan instruksi kepada bupati dan wali kota di Banten agar siaga wisata pada liburan Lebaran nanti.

Sementara Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy sendiri sudah mewanti - wanti terkait persoalan ini. Ia meminta kepada pengelola wisata untuk memperketat protokol kesehatan.

Andika memperkirakan kunjungan wisata akan membludak pada libur Lebaran nanti sebagai efek pelarangan mudik. "Terus terang ini bukan pekerjaan mudah," kata Andika.

Seperti diketahui sejumlah objek wisata di Banten selama ini menjadi tujuan wisatawan dari luar Banten, diantaranya Tanjung Lesung Kabupaten Pandeglang, Kawasan Wisata Anyer di Kabupaten Serang dan Negeri di Atas Awan Kabupaten Lebak.

Ketiga objek wisata tersebut diperkirakan akan ramai pada musim libur Lebaran. Sejauh ini belum ada pengamanan khusus di tiga kawasan tersebut. (dbs/kar)

Diberdayakan oleh Blogger.