Header Ads

Kejati Banten Menahan Tiga Tersangka Kasus Dugaan Korupsi Pengadaan Masker


BANTENPERSPEKTIF.COM, HUKUM - Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten menahan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan masker di dinas kesehatan. Pengadaan itu bersumber dari APBD Banten 2020.

”Kami dari tim penyidik Kejaksaan Tinggi Banten telah melakukan upaya paksa penahanan terhadap tiga orang tersangka, yakni AS, WF, dan LS,” kata Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Asep Nana Mulyana seperti dilansir dari Antara di Serang, Kamis (27/5).

Asep mengatakan, dua tersangka berasal dari pihak swasta dan satu orang tersangka merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Kesehatan Provinsi Banten. Ketiga tersangka ditahan setelah menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten terkait dengan pengadaan masker jenis KN95 dengan dugaan kerugian negara mencapai Rp 1,68 miliar.

Asep menjelaskan, hasil pemeriksaan penyidik secara mendalam dan komprehensif serta berdasar keterangan para saksi, penyidik menyimpulkan ada dugaan kerugian keuangan negara dalam kasus tersebut sebesar Rp 1,68 miliar dari nilai proyek Rp 3,3 miliar.

”Modusnya mereka bersepakat mengubah RAB yang semula tidak sebesar itu. Sehingga, kami melihat ada kemahalan barang yang cukup signifikan,” terang Asep.Selanjutnya menurut Asep, penyedia barang melakukan subkontrak pekerjaan dan ada dugaan pemalsuan dokumen-dokumen pekerjaan.

”Kami meyakini ada indikasi korupsi berdasar hasil perhitungan tim penyidik sementara ini sekitar Rp 1,68 miliar,” tutur Asep.

Menurut Asep, pengadaan masker KN95 tersebut diperuntukkan bagi tenaga kesehatan dalam upaya penanganan Covid-19 di Provinsi Banten.

Editor : Latu Ratri Mubyarsah
Reporter : Antara
Diberdayakan oleh Blogger.