Header Ads

Manfaat dan Cara Merawat Bunga Sedap Malam

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat panen Bunga Sedap Malam di Kampung Rancapati, Desa Bugel, Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Rabu (16/06/2021). Dok/Foto:@ratutatuchasanah

BANTENPERSPEKTIF.COM, KAB.SERANG - Pada Rabu (16/06/2021) Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah berkesempatan ikut memanen bunga Sedap Malam di Kampung Rancapati, Desa Bugel, Kecamatan Padarincang.

Sejak dulu, bunga Sedap Malam sering dimanfaatkan sebagai hiasan atau ada juga yang dipakai untuk pembuatan parfum. Bunga sedap malam memiliki nama latin polianthes tuberosa.

Bunga yang berasal dari Meksiko ini sering digunakan oleh suku Aztec sebagai persembahan untuk dewi Xochiquetzal, dewi kecantikannya bangsa Aztec.

Ada beberapa ciri-ciri bunga sedap malam yang bisa dikenali, diantaranya bunga jenis ini tumbuh merumpun dengan tinggi sekitar 0,5 – 1,5 meter. 

Daunnya berbentuk panjang pipih berwarna hijau mengkilap di bagian permukaan atas dan hijau muda pada bagian permukaan bawah daun. Ada bintik-bintik berwarna kemerah-merahan pada pangkal daunnya. Ukuran daunnya bisa mencapai sepanjang 60 cm. Bisa bertahan hingga 5 hari walau sudah di potong-potong.

Sedangkan untuk jenisnya sendiri bunga Sedap Malam diperkirakan ada sekitar lima belas spesies dengan genus polianthes dengan sembilan spesies bunganya berwarna putih, satu berwarna putih dengan merah, dan dua berwarna merah.

Berikut ini yang termasuk jenis single yaitu Hyderabad Single, Calcutta Single, Phule Rajani, Mexican Single, Kalyani Single, Shrinagar, Prajwal, arka Nirantara, Rajat Rekha, Kahikuchi Single, dan Pune Single.

Manfaat Bunga Sedap Malam
Selain untuk hiasanbunga ini memiliki manfaat yang lebih dari itu loh! Berikut manfaat bunga sedap malam.

1. Mengobati Bisul dan Bengkak
Untuk mengobati bisul dan bengkak, kamu harus menyiapkan bunga dan akarnya. Lalu, cuci keduanya hingga bersih dan ditumbuk halus. Selanjutnya, tempelkan bahan yang sudah halus tadi ke area yang mengalami bengkak atau pun bisul.

2. Memberikan Sensasi yang Menenangkan
Siapa yang menyangka bunga ini juga bermanfaat untuk menghilangkan stress. Kamu hanya perlu menyiapkan bunga ini untuk dijadikan aromaterapi.

3. Menjadi Bahan Utama Parfum atau Wewangian
Hal ini sudah tentu tak asing lagi untuk kamu. Bunga dengan aroma yang menenangkan ini banyak diburu oleh masyarakat.

Maka tak heran jika bunga ini dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan parfum atau bahkan pengharum ruangan.

4. Mengatasi Insomnia dan Meredakan Flu
Untuk mengatasi hal ini, campurkan bunga ini dengan salah satu dari bahan-bahan ini, seperti jahe, bawang merah, bawang putih.Alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter bila kamu sedang sakit.

Hal ini bertujuan agar sakit kamu tidak semakin parah atau terjadi hal yang tidak diinginkan karena kesalahan penggunaan bahan-bahan obat tertentu. Rujukan medis merupakan hal yang tepat untuk mengobati masalah kesehatan

Cara Merawat Bunga Sedap Malam
Cara merawat bunga sedap malam ini tidak jauh berbeda dengan merawat tanaman lain pada umumnya. Cara merawatnya kamu hanya perlu menyiramnya dua kali sehari yaitu waktu pagi hari dan siang hari.

Tapi hal itu harus kamu hentikan ketika umbi sudah mengeluarkan tunas. Karena kamu hanya perlu menyiramnya satu kali dalam sehari saja.

Nah itulah beberapa informasi tentang bunga sedap malam yang terkenal wangi. Bagaimana, apakah kamu ingin menjadi salah satu orang yang ingin menanam bunga ini? (dbs/kar)

Diberdayakan oleh Blogger.