Header Ads

Pasar Lama Kota Serang, Jejak Peninggalan Belanda

Kawasan Pasar Lama Kota Serang, Provinsi Banten yang menjadi salah satu titik keramaian di Kota Serang.

BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA SERANG - Selain memiliki Kawasan Banten Lama, pusat belanja Royal, Kota Serang juga memiliki kawasan yang memiliki sejarah kuat karena kawasan ini merupakan peninggalan dimasa Belanda. Kawasan tersebut adalah Pasar Lama.

Pasar Lama lokasinya tersambung dengan Kawasan Pusat Belanja Royal. Di kawasan ini terdapat puluhan ruko yang menjual aneka macam barang, sedangkan pada bagian utara terdapat pasar tradisional.

Dahulu di era order baru, kawasan ini memiliki dua bioskop, yaitu Bioskop Pelita dan Plaza. Namun kini kedua bioskop ini sudah tidak ada lagi meski bangunanya masih ada. Tempo dulu kedua bioskop ini selalu ramai menjadi sarana hiburan warga.

Gorong - Gorong di Pasar Lama Kota Serang (gambar kiri) dan Bioskop Pelita yang tinggal puing - puing.

Beberapa tahun lalu, warga juga dihebohkan adanya gorong - gorong yang diyakini itu merupakan peninggalan sejarah. Menurut Dadan Sujana, seorang peneliti sejarah Banten Heritage sebagaimana dilansir KabarBanten, mengatakan bahwa gorong - gorong yang ada di Pasar Lama dibangun pada tahun 1800 -an.

Sementara terkait keberadaan pedagang, Dadan menuturkan bahwa tempo dulu para pedagang tidak menggunakan ruko atau kios melainkan lesehan. Namun seiring berjalannya waktu datanglah pedagang China yang kemudian membangun ruko dan sampai sekarang ruko mereka masih berdiri dan bebas berjualan.

Di Pasar Lama juga terdapat penjual barang loakan, mulai dari pakaian, sepatu hingga barang - barang elektronik. Lokasi penjual loakan ini ada di Gang Rendah Pasar Lama. (dbs/kar)

Diberdayakan oleh Blogger.