Header Ads

Empat Manfaat Membaca Buku

 


BANTENPERSPEKTIF.COM, GAYA HIDUP - Aktivitas membaca buku ternyata banyak manfaatnya untuk kita, bukan hanya menambah pengetahuan tetapi juga bisa mendapatkan manfaat lainnya seperti melatih kemampuan analisa sampai pada hiburan.

Berikut ini sejumlah manfaat aktivitas membaca buku yang akan membuat Anda semakin menyukai aktivitas ini.

Pertama, Membantu Mengurangi Stres
Menurut hasil survei membaca buku bisa mengurangi stres hingga 68 persen, artinya betapa pentingnya membaca sebuah buku sehingga aktivitas ini layak untuk dijadikan hobi dan gaya hidup.

Karena membaca buku bisa merelaksasi fikiran kita sehingga otak lebih jernih dan bisa mentralisir isi fikiran. Ini menjadi penting supaya kita tetap memiliki fikiran yang jernih dalam kondisi apapun.

Kedua, Menambah Pengetahuan
Seperti kata pepatah bahwa buku adalah jendela dunia, artinya dengan membaca buku maka pengetahuan kita akan bertambah luas. Misalkan kita membaca buku sejarah sebuah negara maka otomatis kita akan bertambah pengetahuannya tentang negara tersebut.

Ketika membaca fikiran para tokoh maka kita juga akan mengetahui fikiran tokoh tersebut dan boleh jadi fikiran tokoh yang kita baca melalui buku bisa menjadi inspirasi kita dalam menatap masa depan.

Ketiga, Memperbaiki Memori
Nah, mungkin manfaat yang satu ini baru Anda ketahui bahwa ternyata membaca buku bisa memperbaiki memori otak kita. Dengan membaca buku kita seperti merapikan struktur sel - sel memori otak sehingga kembali rapi.

Keempat, Menambah Perbendaharaan Kosakata
Ketika kita membaca buku maka otomatis kita akan membaca kata per kata sehingga secara langsung akan menambah perbendaharaan kosa kata. Itulah mengapa  orang yang gemar membaca buku memiliki kosakata yang lebih banyak ketimbang mereka yang tidak membaca buku.

Itulah empat manfaat membaca buku, tentu saja masih banyak manfaat lain dari aktivitas membaca buku dan bisa Anda cari dan rasakan sendiri. Yang pasti dengan membaca buku kita akan lebih banyak tahu bukan sok tahu. 

Asal tahu saja sekelas BJ Habibie Almarhum dulu semasa sekolah dan muda banyak menghabiskan waktunya untuk membaca buku sehingga wajar kalau dia menjadi salah satu tokoh cerdas Indonesia yang diakui oleh dunia. (dbs/kar)


Diberdayakan oleh Blogger.