Header Ads

Mensyukuri Usia Ke-42 Tahun, Inilah Kunci Sukses Karir Politik Fahmi Hakim


"Yang penting itu dalam politik loyalitas apapun keadaan dan situasinya. Kedua adalah pengabdian untuk masyarakat terutama kalangan bawah agar kita tetap dipercaya oleh mereka," kata Fahmi Hakim, Wakil Ketua DPRD Banten.

BANTENPERSPEKTIF.COM, SOSOK - Hari ini (Sabtu, 10 Juli 2021) menjadi hari istimewa bagi politisi muda Partai Golkar Provinsi Banten, Fahmi Hakim karena bertepatan dengan hari kelahirannya 42 tahun lalu.

Diusianya yang tergolong muda Fahmi Hakim boleh dikatakan berada di atas karirnya dibandingkan politisi lain yang usianya lebih senior. Diketahui Fahmi saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten sekaligus Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Serang. Tidak hanya itu, Fahmi juga diketahui menjadi Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Serang dan Asosiasi PSSI Provinsi Banten.

Asal tahu saja, saat pemilihan Ketua Asosasi PSSI ia berhadapan dengan Bupati Tangerang Zaki Iskandar dan Fahmi pun berhasil mengalahkan Zaki Iskandar yang saat ini menjadi Ketua DPD Golkar DKI Jakarta.

Dilihat dari rekam jejak karir politik pria kelahiran Tunjungteja, Kabupaten Serang ini tergolong melesat. Kali pertama menjadi angota parlemen di Kabupaten Serang ia langsung menjadi Ketua DPRD Kabupaten Serang.

Usai menjadi anggota parlemen selama dua periode di DPRD Kabupaten Serang Fahmi Hakim pun menaikan levelnya ke tingkat propinsi dan ia kembali terpilih pada Pemilu 2019 lalu. Lagi -lagi Fahmi langsung duduk di kursi pimpinan DRPD Provinsi Banten sebagai Wakil Ketua DPRD Banten.

Tidak hanya itu, alumnus Lemhanas ini pun digadang - gadang menjadi calon Bupati Serang terkuat yang akan diusung Partai Golkar pada Pilkada 2024 mendatang. 

Menurut komentar sejumlah orang ada beberapa hal yang membuat Fahmi Hakim sukses dalam karir politik kendati usianya masih tergolong muda. Pertama ia memiliki kecerdasan politik sehingga bisa membaca dan menentukan sikap saat menghadapi dinamika politik.

Kunci kedua adalah Fahmi Hakim terkenal royal dan pandai merawat konstituten. Hal dibuktikan dengan perolahan suaranya saat Pemilu 2019 lalu yang mencapai 50 ribu lebih.

Dan kunci ketiga adalah Fahmi cerdas melakukan lobi dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga bisa meyakinkan orang. Dan terakhir ia mau mendengarkan pendapat orang. 

Hal ini pernah diungkapkan salah satu ASN di Kabupaten Serang yang enggan disebutkan namanya. Ia mengatakan bahwa saat Fahmi Hakim menjadi Ketua DPRD Kabupaten Serang ia sempat berinteraksi dengan Fahmi. "Waktu itu kan saya diminta ke ruangannya dan saat itu saya menjelaskan kepada dia soal produk hukum dan dia mau mendengarkan dengan baik. Jadi Fahmi itu sosok pendengar yang baik dan ini jarang dimiliki politisi," jelas ASN yang bekerja di lingkungan Setwan DPRD Kabupaten Serang ini.

Fahmi sendiri merupakan anak dari seorang guru biasa di Kecamatan Tunjungteja, Kabupaten Serang. Semasa kecilnya ia hidup sederhana. Namun menurut informasi bakat menjadi leadershipnya sudah terlihat sejak kecial karena saat itu ia sering menjadi pimpinan rombangan diusianya ketika itu.

Banjir Ucapan Do'a
Sebagai tokoh politik dengan sejumlah posisi strategis, Fahmi pun mendapatkan ucapan do'a dari sejumlah kalangan mulai dari ASN, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, ulama maupun koleganya sesama politisi.

Kasie Tatata Pemerintahan Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, Maman Sudirman mengatakan bahwa Fahmi layak mendapatkan gelar bapaknya rakyat kecil, karena perhatiannya kepada masyarakat bawah.

"Perjuangannya untuk petani dan nelayan dan rakyat kecil di Provinsi Banten sangat besar. Diapun selalu terdepan menyuarakan kepentingan rakyatnya,” ujar Maman.

Ia pun mendoakan agar Fahmi senantias mendapatkan perlindungan dan keberkahan dalam hidup dan meniti karir politiknya sebagai anggota parlemen. Sementara Fahmi sendiri dalam beberapa kali kesempatan mengatakan bahwa semua apa yang ia peroleh saat ini mengalir.

"Yang pasti bersyukur karena diberi umur panjang sehingga bisa mengabdi lebih panjang dan terpenting itu dalam politik loyalitas apapun keadaan dan situasinya. Kedua adalah pengabdian untuk masyarakat terutama kalangan bawah agar kita tetap dipercaya oleh mereka," kata Fahmi. 



Peran Istri di Belakang Layar
Suksesnya Fahmi dalam karir politik tentu saja tidak bisa lepas dari peran seorang wanita yang berada di belakang layar. Ia adalah Munawaroh, istri dari Fahmi Hakim yang memberikan support penuh kepada Fahmi dalam karir politiknya.

Guncangan demi guncangan istrinya tetap setiap berada di belakang layar Fahmi. Ia hanya sesekali mendampingi Fahmi, itupun dalam urusan ringan seperti menemani saat bermain sepak bola atau silaturahim saat lebaran ke sejumlah sesepuh.

Tidak hanya itu, dari Munawarohlah keluar do'a - do'a apalagi ia merupakan alumnus salah satu pondok pesantren di Pekalongan, Jawa Tengah. "Yang pasti saya sebagai istri memberikan support dan tentu saja doa," kata Munawaroh dalam suatu kesempatan.(dbs/kar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.