Header Ads

Pengamat ; Politik Kota Cilegon Akan Dinamis Pasca Iman Bebas



BANTENPERSPEKTIF.COM, KOTA CILEGON - Dinamika politik di Kota Cilegon akan lebih dinamis seiring dengan bebasnya mantan Wali Kota Cilegon, yaitu Tubagus Iman Ariadi pada 23 September 2021.

Hal tersebut diungkapkan Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia Banten, Syaeful Bahri seperti dilansir BantenRaya. Dinamisasi politik tersebut akan terjadi, kata dia, ketika Iman Ariyadi kritis terhadap berbagai kebijakan pemerintah saat ini yang dipimpin Walikota Helldy Agustian yang merupakan rival politiknya. 

Sekadar diketahui, Helldy Agustian (Wali Kota Cilegon) pernah berhadapan dalam Pilkada Cilegon tetapi Iman selalu menang. Helldy baru bisa menang ketika Iman tidak memegang kendali politik di Kota Cilegon.

Kapasitas politik Iman memang tidak diragukan lagi mengingat dia adalah mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang kemudian menjadi politisi Partai Golkar. Bahkan ketika masih berkuasa, Iman disebut - sebut akan maju pada pemilihan Ketua DPD Golkar Provinsi Banten. 

Diperkirakan Iman akan tetap aktif kembali mengendalikan politik di Kota Cilegon meski hanya di belakang layar, mengingat ia tidak bisa maju sebagai calon Wali Kota Cilegon pada Pemilu 2024 mendatang karena terganjal aturan.

Seperti diketahui, putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 56/PUU-XVII/2019 memberlakukan jangka waktu 5 tahun bagi mantan terpidana kasus korupsi untuk mencalonkan diri sebagai kepala daerah.(dbs/kar)

Diberdayakan oleh Blogger.