Header Ads

Dosen Universitas BSI Dorong UMKM Go Digital

 


BANTENPERSPEKTIF.COM, TANGSEL - Diera digital para pelaku UMKM harus mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini penting agar para UMKM bisa go internasional terutama untuk meningkatkan penjualan. 

Demikian dikatakan Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat Universitas Bina Sarana Informatika (BSI) Jakarta Rudianto saat seminar bertema “Go Digital Solusi UMKM Era Pandemi” yang diikuti oleh pelaku UMKM dari berbagai kelompok masyarakat, diantaranya berasal dari pelaku UMKM anggota Perkumpulan Pemuda Batak Bersatu wilayah Cengkareng Jakarta Barat, kemarin (09/10/2021).

“Pelaku UMKM harus menguasai tehnologi digital terutama yang berhubungan dengan aspek pemasaran yang saat ini terus berkembang. Penguasaan aplikasi online seperti marketplace dan delivery online,” katanya.

Rudianto menjelaskan, saat ini terdapat dua permasalahan  yang dihadapi UMKM pada masa pandemi Covid-19 ini, yaitu aspek pemasaran dan aspek keuangan. Permasahan yang termasuk aspek pemasaran diantarannya pengetahuan pelaku UMKM terbatas pada saat terjadi pandemi dan belum beralih ke sistem penjualan secara online. 

“Sedangkan permasalahan keuangan yaitu keterbatasan modal yang mengakibatkan tidak teraturnya penggunaan dana pribadi dan dana usaha, hal ini dikarenakan minimnya pengetahuan pengelolaan keuangan,” jelasnya.

Tim Dosen Universitas BSI, Dedi Supriadi menambahkan, kenapa UMKM harus Go digital, karena dalam dunia digital akan menjangkau lebih banyak konsumen, dan saat ini orang telah banyak masyarakat menggunakan internet. 

“Selain itu, masyarakat atau konsumen sekarang lebih banyak yang berbelanja secara online. Yang ketiga alasanya adalah dengan go digital akan lebih menghemat biaya pemasaran,” imbuhnya.

Naigolan, salah satu peserta seminar yang juga merupakan Ketua Bidang Wirausaha dari Perkumpulan Pemuda Batak Bersatu mengungkapkan, pihaknya mendorong para anggotanya untuk mengikuti seminar ini, agar bisa menginspirasi dalam membentuk Badan-badan usaha, UMKM, dan unit usaha sebagai wadah gerakan kesejahteraan sosial dan ekonomi untuk kepentingan anggota.

Diketahui, kegiatan seminar secara online ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat Dosen dan mahasiswa Universitas Bsi Jakarta, sebagai salah wujud Tridarma perguruan tinggi. (cip/kar)

Diberdayakan oleh Blogger.